Penerapan Model Direct Instruction Berbantuan Permainan Papa Saya Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Pada Siswa

Riana Sintia
Fina Fakhriyah
Siti Masfuah

Abstract


This research aims to measure the improvement of students’ science process skill and improvement of teacher’ teaching skills through the grade students at SD 2 Panjunan. The result of this research shown there are significant improvement of science process skill between cycle I 68,74% as a good category and cycle II 80,96% as a good category. The mnagement of Direct Instruction model learning also increased in cycle I 82,00% as a very good category to 92,24% as a very good category in cycle II. It proves that used of Direct Instruction model use papa saya can improve science process skills in fourht grade students theme 7at SD 2 Panjunan.

Teks Lengkap:

101-108

Referensi


Daryanto. (2000). Fisika Teknik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Daryanto. (2010). Media Pembelajaran. Bandung: PT.Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.

Huda, Miftahul. (2013). Model-Model Pengajaran Dan Pembelajaran “Isu-Isu Metodis Dan Paradigmatis”. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Katili, Nancy. (2009). Pengembangan Perangkat Berorientasi Model Pembelajaran Langsung Pada Pokok Bahasan Sistem Pernapasan Manusia Di Kelas V SDN Ketintang 1 Gayungan Surabaya. Jurnal INOVASI, 6 (3), 242-261.

Mulyasa, E. (2006). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Murtono. (2010). Menuju Kemahiran Berbahasa Indonesia Langkah Maju Menulis Karya Ilmiah. Surakarta: UNS Press

Prasetyawati, Diah. (2014). Pengembangan Media Sederhana “Pabarudantar” Untuk Matematika Kelas V SD.Jurnal Teknologi Pendidikan, 3 (3), 1-11.

Rahardi, R.Kunjana. (2009). Penyuntingan Bahasa Indonesia Untuk Karang-Mengarang. Jakarta: Erlangga

Samatowa, Usman. (2016). Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Indeks

Sanjaya, Wina. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana

Shoimin, Aris. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-RUZZ Media.

Siwa, M., & .Tika. (2013). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek Dalam Pembelajaran Kimia Terhadap Keterampilan Proses Sains Ditinjau Dari Gaya Kognitif Siswa. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 3, 1-13

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan “Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D”. Bandung: IKAPI

Surya, Yohanes. (2010). Mekanika Dan Fluida 1. Tangerang: PT Kandel.

Susanto, Ahmad. (2013). Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Winarti & Nurhayati. (2014). Pembelajaran Praktikum Berorientasi Proyek Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Pemahaman Konsep. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 8 (2), 1409-1420.

Zakiyah., Ananthia., & Rostika. (2015). Media Board Game Untuk Meningkatkan Keterampilan Speaking Di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Antologi.




DOI: https://doi.org/10.24176/jpp.v1i1.2617

Article Metrics

Abstract views : 429| 101-108 views : 978

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




real
time web analytics Jurnal Prakarsa Paedagogia Status

Negara Asal Pengunjung:

Flag Counter

Jurnal Prakarsa Paedagogia dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 International License.

Dedicated to: