PEMBERDAYAAN FOTO WISATA UNTUK PENINGKATKAN MINAT DAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI PADA SISWA KELAS IV SD 5 LAU

Mulyono Mulyono

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya guru dalam meningkatkan minat dan keterampilan menulis siswa melalui pemberdayaan foto hasil kunjungan wisata sebagai media pembelajaran menulis paragraf deskripsi di kelas IV SD 5 Lau semester genap  tahun 2016/2017. Metode Penelitian yang digunakan  adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dua siklus. Prosedur dalam tiap siklus terdiri atas   perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Metode Pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Sedangkan teknik analisis data  menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui pemberdayaan foto hasil kunjungan wisata siswa sebagai media pembelajaran  terbukti  dapat meningkatkan  minat  dan keterampilan menulis. Hal tersebut dapat dilihat dengan tercapainya indikator keberhasilan penelitian  dan adanya peningkatan rata-rata prestasi belajar menulis deskripsi dari siklus I sebesar 77 dan 80 pada siklus II. Sedangkan pencapaian ketuntasan belajar individual siklus I sebesar 65% dan siklus II 90%. Minat siswa dalam mengikuti pembelajaran juga terlihat semakin meningkat terbukti dari hasil pencapaian skor pengamatan  minat siswa  pada tiap indikator dari rerata skor  3,5 kategori cukup  menjadi  4 kategori Amat baik. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Pemberdayaan foto hasil kunjungan wisata sebagai media menulis karangan deskripsi dapat meningkatkan minat dan keterampilan  belajar siswa kelas IV SD 5 Lau semester genap  tahun 2016/2017.


Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24176/re.v8i2.2350

Article Metrics

Sari views : 30| PDF views : 22

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


View My Statistic:

Collaborate with:

 

Our journal indexed in: