META-ANALISIS PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS

Firosalia Kristin

Sari


Tujuan penelitian ini untuk menganalisis kembali penggunaan model pembelajaran role playing dalam meningkatkan hasil belajar IPS.  Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah meta analisis. Penelitian diawali dengan merumuskan masalah penelitian, menelusuri hasil penelitian yang relevan untuk dianalisis. Data dikumpulkan dengan menelusuri jurnal elektronik melalui Google Scholar dengan kata kunci “hasil belajar”, “bermain peran”, “pembelajaran IPS SD”. Dari penelusuran itu diperoleh 86 artikel tetapi yang relevan hanya 12 artikel dari jurnal. Data dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil analisis model pembelajaran role playing mampu meningkatkan hasil belajar siswa mulai dari yang terendah 1,65% sampai yang tertinggi 64,32% dengan rata-rata 23,32%. 


Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24176/re.v8i2.2356

Article Metrics

Sari views : 100| PDF views : 145

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


View My Statistic:

Collaborate with:

 

Our journal indexed in: