TIPE DAN FUNGSI PERTANYAAN DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KURIKULUM 2013

Mahda Haidar Rahman
Subyantoro Subyantoro
Mimi Mulyani

Sari


Bertanya merupakan kegiatan penting dalam pembelajaran, khususnya pembelajaran bahasa. Hal ini dikarenakan pertanyaan dapat mengawali sebuah interaksi. Interaksi yang baik merupakan awal pembelajaran yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tipe dan fungsi pertanyaan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan metode padan yang dilanjutkan dengan teknik dasar Pilah Unsur Penentu (PUP) untuk mengklasifikasikan tipe dan pertanyaan. Berdasarkan pengamatan, tipe pertanyaan yang sering digunakan guru secara berturut-turut yakni: factual, perceiving & initiating action, conceptual convergen, conceptual divergen, valuing, evaluative, dan actualizing. Adapun fungsi pertanyaan berdasarkan fungsi yang sering muncul secara berturut-turut yakni: elisitasi faktual, memeriksa pemahaman, menejemen kelas, membangun pemikiran, konfirmasi, memeriksa pengetahuan, menyuruh/ melarang, membangun konten, isyarat elisitas, klarifikasi, merekap, mengembangkan kosakata, sanjungan/ sindiraan, refleksi dan mempraktikkan keterampilan. Fungsi pertanyaan dapat berbeda bergantung pada konteks interaksi, tidak bergantung pada tipe pertanyaan.  Pertanyaan yang baik adalah pertanyaan yang sesuai dengan konteks interaksi dalam kelas.


Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24176/re.v8i2.2359

Article Metrics

Sari views : 31| PDF views : 4

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


View My Statistic:

Collaborate With:

Our Journal Indexed and Registered in:

   

 

   

   

 

 

 

 Tools:

Anti Plagiarism:

Free counters!

Dedicated to:

Jurnal Refleksi Edukatika is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.