IMPLEMENTASI MEDIA EDMODO DALAM MATA KULIAH PENGEMBANGAN KURIKULUM SEKOLAH DASAR

Vivi Rulviana

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang: 1) proses pembelajaran mata kuliah pengembangan kurikulum SD, 2) faktor kendala dengan menerapkan media edmodo. Pendekatan kualitatif digunakan dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data menggunakan  observasi, wawancara dan dokumentai. Observasi digunakan untuk memperoleh gambaran tentang penerapan media edmodo dengan cara mengamati secara langsung jalannya proses perkuliahan pengembangan kurikulum SD. Wawancara digunakan untuk mengumpulkan data dari narasumber yaitu dosen pengembangan kurikulum maupun mahasiswa semester 7. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian: 1) dosen menyampaikan kontrak perkuliahan yang akan dijalani selama satu semester, selanjutnya memberikan pengarahan kepada mahasiswa tentang media edmodo, apa manfaatnya serta bagaimana cara kerjanya, setelah mahasiswa dirasa sudah paham dan mengerti selanjutnya dosen bersama dengan mahasiswa membuat akun edmodo, dan join di grup yang sudah dibuat oleh dosen mata kuliah tersebut. Grup digunakan dosen dan mahasiswa sebagai sarana penyampaian materi, tempat pengumpulan tugas maupun sarana untuk melakukan diskusi. 2) kendala masalah jaringan dan apabila ada mahasiswa yang kurang mampu memanfaatkan atau mengoperasikan laptop/komputer, maupun pengoperasian edmodo, maka akan menghambat proses pemanfaatan media edmodo sebagai media dalampembelajaran mata kuliah tersebut.


Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24176/re.v8i2.2361

Article Metrics

Sari views : 40| PDF views : 36

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


View My Statistic:

Collaborate with:

 

Our journal indexed in: