PENINGKATAN KEAKTIVAN DAN HASIL BELAJAR IPS MATERI PERSIAPAN KEMERDEKAAN INDONESIA MELALUI TEHNIK JIGSAW SISWA KELAS V SDN MANGUNSARI 07 SALATIGA

Suharti -

Abstract


Tujuan penelitian tindakan kelas ini untuk mengetahui apakah dengan pembelajaran dengan tehnik jigsaw dapat meningkatkan keaktivan dan hasil belajar siswa. Seberapa efektif tindakan pembelajarannya dan peningkatannya.Penelitian dilakukan di SDN Mangunsari 07 pada kelas V semester II tahun 2014/ 2015. Peneliti mengajar IPS di kelas V di SDN Mangunsari 07 Kecamatan Sidomukti Salatiga. Masalah yang diteliti karena keaktivan dan hasil belajar siswa rendah.

Sasaran penelitian adalah pada siswa kelas V SDN Mangunsari 07 semester II tahun 2014/2015 dengan subyek keaktivan dan hasil belajar siswa yang diikuti yang terdiri dari 22 laki-laki dan 12 perempuan jumlah seluruhnya 34.

Prosedur penelitian yang dilakukan 2 siklus.Tahap tindakan setiap siklus adalah perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Dalam perencanaan terdapat motivasi, apersepsi,dan menyampaikan tujuan. Dalam pelaksanaan ini peneliti menggunakan model pembelajaran tehnik jigsaw untuk mengetahui aspek keaktivan, dan dalam kegiatan akhir melaksanakan evaluasi untuk menentukan hasil belajar siswa.

Pembelajaran menggunakan tehnik jigsaw lebih efektif dan berpengaruh terhadap keaktifan dan keberhasilan siswa dari pada yang menggunakan metode ceramah. Dengan demikian disarankan agar guru dapat menggunakan model pembelajaran jigsaw.

Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24176/re.v5i2.583

Article Metrics

Abstract views : 255| PDF views : 292

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


free hit counter View My Stats

 

Visitors:

Free counters!