PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI SEGITIGA DAN JAJARGENJANG MELALUI PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) BERBANTUAN CD PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS IV SDN 4 PUYOH KECAMATAN DAWE KABUPATEN KUDUS SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Noor Saidah

Abstract


Tujuan dari penelitian untuk mengetahui apakah pembelajaran Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa. Metode yang digunakan adalah penelitiankualitatif, dan desain penelitiannya adalah Action Research. Statistika yang digunakan adalah statistika deskriptif dengan menggunakan rumus rata-rata. Sebanyak 18 siswa 10 diantaranya belum mencapai KKM. Setelah mendapatkan pembelajaran TPS siklus I, ketuntasan siswa naik menjadi 12 siswa, dilanjutkan siklus II menjadi 15 siswa. Keaktifan siswa juga mengalami peningkatan setiap siklusnya. Pada siklus I, tingkat keaktifan siswa sebesar 72%, sementara pada siklus II mencapai 87%.Kesimpulan dalam penelitian ini adalah : 1) Pembelajaran TPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa, 2) pembelajaran TPS dapat meningkatkan keaktifan siswa.

Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24176/re.v5i2.587

Article Metrics

Abstract views : 315| PDF views : 356

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


free hit counter View My Stats

 

Visitors:

Free counters!