KETEPATAN DAN KECEPATAN PEMBIDIKAN PISIR PENJERA PADA LATIHAN BIDIK KERING MENGGUNAKAN FUZZY LOGIC

Salman Salman
Aries Boedi Setiawan
Nur Rachman Supadmana Muda

Abstract


Abstrak

Lesan Tembak Bidik Kering  dibuat untuk mendukung tugas pokok TNI AD dalam rangka membantu prajurit pada bidang menembak untuk mendapatkan prajurit yang handal, dimana setiap prajurit harus mahir menembak.

Perencanaan dan pembuatan alat dibangun dengan meggunakan alat perangkat keras dan perangkat lunak. Perangkat keras yang digunakan yaitu motor DC, mikrokontroler ATMega16, driver ULN2003, bluetooth, joystick, limit switch dan mekanik. Sedangkan perangkat lunak yang digunakan yaitu Software Code Vision AVR sebagai alat pengendali. Dalam pembuatan alat yang dimaksud supaya dapat berfungsi dengan baik, maka diperlukan pemahaman yang mendalam tentang karakteristik dan cara kerja komponen-komponen yang digunakan. Hal ini perlu dikuasa sebaik-baiknya untuk menghindari kesalan penggunaan komponen yang mengakibatkan kegagalan dalam pembuatan alat.

Pada perencanaan hardware akan meliputi seluruh perihal yang digunakan pada sistem. Pada perencanaan software merupakan piranti lunak meliputi flowchart dan software secara umum. Perangkat tersebut saling terintegrasi sehingga dalam kerjanya akan maksimum sesuai apa yang diharapkan.

Software ini diharapkan mampu memenuhi tugas pokok TNI AD khususnya keahlian menembak agar lebih efektif, akurat dan tepat dalam melaksanakan latihan menembak di satuan TNI AD.

 

Kata Kunci: bluetooth, driver ULN2003, joystick, limit switch, mikrokontroler ATMega16


Teks Lengkap:

PDF

Article Metrics

Abstract views : 264| PDF views : 376

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.