ANALISIS SENTIMEN TERHADAP TEMPAT WISATA DARI KOMENTAR PENGUNJUNG DENGAN MENGGUNAKAN METODE NAÏVE BAYES CLASSIFIER STUDI KASUS JAWA BARAT

Lio Wilianto
Tacbir Hendro Pudjiantoro
Fajri Rakhmat Umbara

Sari


Abstrak

Penelitian ini dilakukan untuk memberikan informasi tentang kualitas sebuah tempat wisata yang ada di Jawa Barat. Dengan menggunakan sentimen dari pengunjung, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat dapat menentukan langkah apa yang harus diambil untuk memutuskan langkah apa yang harus diambil tanpa harus turun langsung dan melihat satu – persatu. Dengan menggunakan Google Maps sebagai sumber data dalam pembuatan aplikasi, data yang digunakan dalam pembuatan sistem ini yaitu data tempat wisata, sentimen pengunjung dan rating tempat.

 

Kata Kunci : Google Maps API, Tempat Wisata, Sentimen, Naïve Bayes Classifier.

Teks Lengkap:

PDF

Article Metrics

Sari views : 296| PDF views : 136

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.