STRATEGI PENINGKATAN KEUGGULAN BERSAING MELALUI INOVASI PRODUK, PENERIMAAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN PENGELOLAAN MANAJEMEN (Studi Kasus Pada Pengrajin Tenun Ikat Troso Jepara)

Ahmad Jazuli, Sukirman Sukirman

Sari


                                                       Abstrak


Penelitian ini menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi keunggulan bersaing melalui inovasi produk, penerimaan teknologi informasi dan pengelolaan manajemen sebagai upaya untuk meningkatan keunggulan bersaing. Selain itu juga mengembangkan model teoritis dengan mengajukan empat hipotesis yang akan dianalisis dengan menggunakan SPSS. Responden dalam penelitian ini diambil dari pengrajin tenun ikat troso Jepara berjumlah 60 responden. Hasil dari pengolahan data SPSS menunjukkan bahwa keunggulan bersaing dapat ditingkatkan dengan melalui peningkatan inovasi produk, penerimaan teknologi infrormasi dan pengelolaan manajemen. Ditunjukkan juga bahwa inovasi produk, penerimaan teknologi informasi dan pengelolaan manajemen secara bersama-sama mampu meningkatkan keunggulan bersaing pengajin tenun ikat troso Jepara.


Kata Kunci: inovasi produk, penerimaan teknologi infrormasi, pengelolaan manajemen, keunggulan bersaing.


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.