EMISI CO DAN NOX PADA GAS BUANGKENDARAAN MENGGUNAKAN KATALIS TEMBAGA BERPORITERMODIFIKASI

Stefanus Unjanto
Martinus Heru Palmiyanto
Thoharudin Thoharudin
Arif Setyo Nugroho

Abstract


Abstrak

Tujuan utama pada penelitian ini adalah untuk mereduksi emisis CO dan NOX dengan dua metode. Metode pertama dengan pencampuran bahan bakar antara bahan bakar fosil dicampura dengan bahan bakar nabati. Pada penelitain ini, bensin dicampur dengan etanol dengan pencampuran 5%, 10%, dan 20% menjadi bahan bakar motor 4 tak yang diuji dengan wide open throttle (WOT). Data yang diambil adalah emisi pada putaran motor selama pengujian. Sehingga diperoleh data emisi pada tiap-tiap jenis campuran bahan bakar. Metode kedua dengan memberikan katalis sebagai reformer CO dan NOX yang terbuat dari tembaga termodifikasi dengan penambahan carbon aktif dan SiO2. Dengan variasi pengujian jenis bahan bakar dan jenis modifikasi katalis tersebut dapat diketahui nilai efektifitas reduksi CO dan NOX tertinggi.Berdasarkan hasil pengujian emisi gas buang pada masing-masing bahan bakar menunjukan bahwa pada campuran etanol dan premium 10% volume menunjukan nilai optimum untuk katalis tembaga terkondisikan dengan carbon aktif dan SiO2 10 % menghasilkan konsentrasi optimum CO sebesar 0.15 % voldan HC 106 ppm.

Kata kunci: Etanol, karbonmonoksida, reduksi, katalis


Teks Lengkap:

PDF

Article Metrics

Abstract views : 380| PDF views : 2647

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.