JURNAL KONSELING GUSJIGANG

Vol 3, No 2 (2017): JURNAL KONSELING GUSJIGANG VOLUME 3 NOMOR 2 TAHUN 2017

Research Paper

Review Paper

Informasi

Dalam rangka pengembangandan perbaikan kualitas artikel di Jurnal Konseling Gusjigang, Dewan Editorial sepakat untuk melalukan beberapa perbaikan mulai dari tampilan website (OJS) sampai pada perubahan template artikel. Hal ini bertujuan untuk memperbaiki kualitas tampilan yang akan mempermudah para membaca dalam membaca, merujuk dan atau mensitasi artikel-artikel yang disediakan di jurnal ini. Template artikel baru secara efektif berlaku untuk terbitan Volume 4 Nomor 1 Tahun 2018 sampai seterusnya. Sedangkan artikel-artikel lama masih menggunakan template artikel yang lama. Untuk mengetahui template artikel yang baru, silahkan download disini.
Dikirimkan: 2018-06-13
Lebih banyak informasi...

Diterbitkan sebagai media publikasi dan desiminasi hasil penelitian dan karya ilmiah di bidang Bimbingan dan Konseling, dalam rangka memperkaya wawasan, ilmu pengetahuan, teori dan praksis pendidikan dan Bimbingan dan Konseling.

GUSJIGANG adalah falsafah hidup masyarakat Kudus sebagai local wisdom dan local culture serta ajaran moral kehidupan warisan Sunan Kudus yang sekarang ini cenderung mulai dilupakan oleh masyarakat khususnya anak-anak dan remaja. Falsafah GUSJIGANG yang diajarkan Sunan Kudus, merupakan sebuah akronim dari bagus perilakunya, pinter ngaji, dan bisa dagang. Falsafah GUSJIGANG yang telah berusia lebih dari 700 tahun, sampai sekarang tetap melekat dalam keseharian masyarakat Kudus dan merupakan modal sosial bagi masyarakat Kudus. Bagus merupakan cerminan akhlak mulia yang harus dimiliki masyarakat dalam kaitan hubungan horisontal antara sesama manusia dan vertikal kepada Tuhan YME. Ngaji tidak hanya dimaknai secara sempit sebagai kegiatan tadarus/membaca Al Qur`an tetapi dimaknai secara luas untuk terus mengkaji berbagai dinamika kehidupan dalam berbagai perspektif keilmuan sehingga didapatkan jawaban atas segala permasalahan dengan berbagai alternatif cara serta berkontribusi pada penambahan wawasan dan keilmuan bagi setiap manusia. Dagang dimaknai sebagai jiwa wirausaha yang harus dimiliki setiap warga Kudus agar secara kreatif dan inovatif mampu mencari celah sumber penghidupan secara materiil untuk menjaga eksistensi kehidupannya.

Jurnal KONSELING GUSJIGANG terbit 2 kali dalam setahun pada bulan Juni dan Desember setiap tahunnya. Jurnal ini merupakan media komunikasi, desiminasi dan publikasi karya ilmiah hasil penelitian dan gagasan ilimiah di bidang pendidikan dan bimbingan dan konseling yang bertujuan untuk memperkaya wawasan, ilmu penqetahuan, teori dan praksis Bimbingan dan Konseling. Oleh karena itu kami mewadahi berbagai pihak baik itu anggota ABKIN Seluruh Indonesia, Dosen dan Konselor di Sekolah SD/MI, SMP/M.Ts., SMA/SMK/MA/MAK untuk berkontribusi dalam pengembangan keilmuan melalui penulisan artikel ilmiah yang diterbitkan melalui Jurnal ini.

Jurnal Konseling Gusjigang Terdaftar di PDII LIPI dengan nomor Print ISSN 2460-1187 dan Online ISSN 2503-281X Bagi praktisi, akademisi dan mahasiswa Bimbingan dan Konseling yang ingin artikel hasil penelitian dan gagasannya dimuat dalam jurnal ini, bisa mengirmkan naskah artikelnya melalui email: gusjigang@umk.ac.id atau edris.zamroni@umk.ac.id. atau silahkan submit melalui link perndaftaran berikut Daftar/Register Pengiriman / upload artikel Paling lambat 30 April untuk Periode Terbit Juni dan 31 Oktober untuk Periode terbit Desember.

Aturan penulisan dan template silahkan download disini.

Gambar Beranda Jurnal