PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BAHASA INDONESIA BERMUATAN NILAI KEWIRAUSAHAAN PADA SISWA SD

Muhammad Noor Ahsin Nurul Rizka Arumsari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar bahasa Indonesia bermuatan nilai kewirausahaan,  dan mengetahui kelayakan untuk siswa kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini termasuk penelitian dan pengembangan. Penelitian ini didasarkan pada kurang tersedianya bahan ajar bahasa Indonesia bermuatan nilai kewirausahaan. Tahapan yang digunakan diambil dari gagasan Borg dan Gall. Tahapan penelitian, meliputi: pengumpulan informasi awal, perencanaan, pengembangan format produksi awal, uji coba awal, revisi produk, uji coba lapangan, revisi produk, uji coba lapangan, revisi produk akhir, dan desiminasi serta implementasi. Validasi bahan ajar dinilai oleh dua validator. Berdasarkan analisis data uji ahli, diketahui bahwa bahan ajar yang dikembangkan berkategori baik dari aspek kelayakan isi, penyajian bahasa, dan kegrafikan karena persentasi lebih dari 76 %. Hasil uji coba lapangan diperoleh nilai siswa rata-rata 82. Jadi, berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa bahan ajar bahasa Indonesia berbasis kewirausahaan layak digunakan dalam pembelajaran di sekolah Dasar kelas IV.

Kata Kunci: Pengembangan, bahan ajar, bahasa Indonesia, kewirausahaan




DOI: https://doi.org/10.24176/kredo.v1i1.1751

Article Metrics

Abstract views : 587| PDF (Bahasa Indonesia) views : 3185

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


StatCounter - Free Web Tracker and Counter View My Stats

 In Collaboration With:

 

 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter