TOPIC-BASED INSTRUCTION FOR TEACHING ENGLISH FOR YOUNG LEARNERS

Tiara Retno Haryani Riryn Fatmawaty

Sari


Penelitian ini pentingnya dikembangkan untuk memberikan model pengajaran bahasa Inggris yang menarik bagi pelajar muda. Mengacu pada kebutuhan siswa SD pada materi "penyajian kembali" untuk pengajaran bahasa Inggris yang mencakup keaslian dan permintaan analisis kebutuhan, maka penelitian ini dilakukan. Instruksi berbasis topik sebagai bahan dasar dipilih karena bahan ajar ini sesuai dengan kebutuhan siswa sekolah dasar pada tingkat pemula. Materi dibutuhkan karena siswa harus "diperkenalkan dengan baik" dengan bahasa Inggris sebagai bahasa asing yang mereka butuhkan untuk dikuasai. Dengan kata lain, minat siswa SD dalam bahasa Inggris akan ditentukan oleh kesan pertama mereka dalam bahasa Inggris di sekolah, terutama dengan materi (buku) sebagai instruksi tambahan di kelas mereka.

Penelitian ini menggunakan desain deskriptif kualitatif, yang mana menggunakan angket dan wawancara sebagai instrument penelitian.  Instruksi bahasa Inggris yang dilakukan di kelas dasar menggunakan pengajaran berbasis tema yang bertujuan untuk mencapai tujuan berikut: pertama, untuk meningkatkan siswa pada tingkat minat pemula dan untuk mengurangi ketakutan mereka untuk belajar bahasa Inggris. Kedua, untuk meningkatkan basis anak dalam bahasa Inggris termasuk empat kemampuan bahasa, tata bahasa dan kosa kata. Yang terakhir adalah memberikan kenyamanan dan 'ramah' bagi anak-anak untuk belajar dan berlatih bahasa Inggris mereka. Akhirnya, hasil dari penelitian ini adalah ada beberapa topik yang dipilih oleh siswa, yang terus menerus, peneliti mengatur prototipe bahan sebagai buku ajar pengajaran. Tanggapan siswa sangat bagus dalam pengajaran berbasis topik. Menurut mereka, mereka bisa merasakan antusias dan minat untuk belajar dengan topik yang telah mereka pilih dan ketahui.

Kata kunci: Instruksi berbasis topik, bahasa Inggris untuk pelajar muda


Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24176/kredo.v1i1.1753

Article Metrics

Sari views : 86| PDF views : 66

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 

 Indexed:

       Logo IPI 

   BASE Logo

   Find in a library with WorldCat

ResearchBib     Zotero

Tools:                                                                        

Hasil gambar untuk mendeley

 Anti Plagiarism:


 

 

 

 

 

KREDO : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 International License.