MEMBERDAYAKAN KECERDASAN KINESTETIK ANAK UNTUK BUDAYA LITERASI BAHASA

Imam Suhaimi

Sari


Prinsip dasar anak yaitu bermain, aktifitas yang muncul yang sering dijumpai adalah gerakan yang aktif dan atraktif. Inilah sebuah kecerdasan kinestetik anak yang seharusnya mampu kita manfaatkan sebagai orang dewasa yang ada di sekitar mereka, kecerdasan kinestetik ini apabila dikombinasikan dengan kecerdasan pemerolehan bahasa maka akan tercipta sebuah pembiasaan literasi anak semenjak dini. Bahasa yang merupakan identitas sebagai manusia itu sendiri menuntut kita untuk terus mengembangkan ilmu bahasa, maka dari itu tulisan ini mencoba mengakomodir keinginan tersebut melalui pembahasan keterpaduan kecerdasan kinestetik dan budaya literasi bahasa. Budaya literasi diharapkan tumbuh semenjak dini atas prakarsa anak itu sendiri tanpa ada tekanan dari guru, orang tua, atau orang sekitarnya yang lain, baik dalam pemerolehan bahasa Indonesia, atau Bahasa asing.


Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24176/kredo.v1i1.1754

DOI (PDF): https://doi.org/10.24176/kredo.v1i1.1754.g1140

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 Indexed:

 Logo IPIBASE Logo  Find in a library with WorldCatResearchBib  

 

 Hasil gambar untuk academia edu  Hasil gambar untuk jabref  Hasil gambar untuk issuu Zotero

Tools:                      Anti Plagiarism: