EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL THINK TALK WRITE BERBANTUAN MEDIA KOMIK STRIP DALAM PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS DIALOG SEDERHANA SISWA KELAS V SD 1 TRITIS

Sony Ari Wibowo
Mila Roysa, S.Pd., M.Pd.

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas siswa dan keterampilan menulis dialog sederhana siswa kelas V SD 1 Tritis menggunakan model think talk write berbantuan media komik strip. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di kelas V SD 1
Tritis Nalumsari Jepara dengan subjek penelitian 28 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media komik strip dapat meningkatkan aktivitas siswa dan keterampilan menulis dialog sederhana siswa. Hal ini terlihat dari tercapainya indikator keberhasilan yakni: (1) aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia materi menulis dialog sederhana pada siklus I total skor rata-rata 17 dengan persentase 69% kriteria “baik” sedangkan pada siklus II total skor rata-rata 20 dengan persentase 81% kriteria “sangat baik”. (2) persentase ketuntasan belajar siswa pada pelajaran bahasa Indonesia materi menulis dialog sederhana pada siklus I diperoleh rata-rata ketuntasan klasikal 67 dengan persentase 71% dan meningkat pada siklus II diperoleh rata-rata ketuntasan klasikal 84 dengan persentase 89%”. Dengan demikian, penerapan model think talk write berbantuan media komik strip dapat meningkatkan aktivitas siswa dan keterampilan menulis dialog sederhana siswa kelas V SD 1 Tritis Nalumsari Jepara 2017/2018.


kata kunci: keterampilan menulis, dialog sederhana, model think talk write, media komik strip.




DOI: https://doi.org/10.24176/kredo.v1i2.2215

Article Metrics

Abstract views : 1286| PDF (Bahasa Indonesia) views : 1856

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


StatCounter - Free Web Tracker and Counter View My Stats

 In Collaboration With:

 

 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter