MOTIVASI BELAJAR BIOLOGI SISWA SMA DITINJAU DARI POLA ASUH ORANGTUA DAN DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA

Ahmad Afiif
Al-Fatih Bau Makkulau

Sari


Penelitian ini termasuk penelitian korelasional yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pola asuh orang tua dan dukungan sosial teman sebaya terhadap motivasi belajar biologi siswa di SMA Negeri 1 Tanete Rilau Kabupaten Barru. Penelitian ini melibatkan tiga variabel yakni variabel bebas adalah pola asuh orang tua dan dukungan sosial teman sebaya sedangkan variabel terikat adalah motivasi belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII IPA di SMAN 1 Tanete Rilau yang berjumlah 111 orang. Sedangkan sampelnya berjumlah 56 siswa diambil melalui teknik random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala pola asuh orang tua, skala dukungan sosial teman sebaya, dan skala motivasi belajar. Teknik analisis data yang digunakan yaitu statistik deskriptif serta statistik inferensial. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan statistik deskriptif untuk pola asuh orang tua diperoleh nilai rata-rata 97,9 berada dalam kategori sedang dari 56 sampel diperoleh nilai terendah 82 dan tertinggi113, dukungan sosial teman sebaya diperoleh nilai rata-rata 82,4 berada dalam kategori sedang dari 56 sampel diperoleh nilai terendah 64 dan tertinggi102 dan untuk motivasi diperoleh nilai rata-rata 62,6 berada dalam kategori sedang dari 56 sampel diperoleh nilai terendah 34 dan tertinggi 77. Berdasarkan hasil analisis statistik inferensial dengan uji t menunjukkan bahwa nilai thitung> ttabel (9,308 > 2,0048) maka H0 ditolak dan Ha diterima. Ini berarti pola asuh orang tua dan dukungan sosial teman sebaya dengan motivasi belajar memiliki hubungan dengan sumbangsi sebesar 46,29%.

Kata kunci: Pola Asuh Orangtua, Dukungan Sosial Teman Sebaya,dan Motivasi Belajar. 


Teks Lengkap:

PDF

Article Metrics

Sari views : 137| PDF views : 108

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Starcounter:
Web Analytics

Indexed by:



Creative Commons License
Jurnal Psikologi Perseptual work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.