Analisis Dan Pengukuran Kesiapan Sekolah Anak Taman Kanak Kanak

Latifah Nur Ahyani
Rr. Dwi Astuti
Ridwan Budi Pramono

Sari


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa besar tingkat kesiapan sekolah anak. Analisa dilakukan untuk mengetahui kebutuhan yang paling diperlukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan prasekolah di kabupaten Kudus. Penelitian ini menggunakan metode pengambilan data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diambil dengan menggunakan alat tes psikologi Denver II, Bender-Gestalt II, Child Development Inventory (CDI), sedangkan data kualitatif menggunakan teknik observasi dan wawancara. Subjek penelitian adalah 40 anak Taman Kanak-Kanak (TK) dengan rincian 20 anak TK A dan 20 anak TK B yang terdiri dari empat TK di Kabupaten Kudus. Pemilihan subjek dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Jumlah subjek penelitian terdiri dari 160 anak. Peneliti menyimpulkan dari keseluruhan data, bahwa ada perbedaan antara sekolah yang terletak di kota dan dengan sosioekonomi yang lebih tinggi dibandingkan dengan sekolah yang berada di pinggiran kota. Walaupun secara kategorisasi tidak jauh berbeda, namun secara rata-rata skor tiap anak menunjukkan perbedaan.


Kata Kunci


kesiapan sekolah;anak prasekolah

Teks Lengkap:

PDF

Article Metrics

Sari views : 23| PDF views : 36

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Starcounter:
Web Analytics

Indexed by:



Creative Commons License
Jurnal Psikologi Perseptual work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.