DAMPAK HARMONISA TERHADAP PENINGKATAN TEMPERATUR TRANSFORMATOR DISTRIBUSI 1000 kVA DI POLITEKNIK ENJINERING INDORAMA

Aris Suryadi

Sari


Transformator distribusi memiliki peran penting dalam mendistribusikan tenaga listrik sehingga peran transformator ini untuk beroperasi dengan baik harus dalam kondisi stabil. Salah satu kondisi yang mengganggu beroperasinya adalah gangguan harmonisa yang terjadi pada sistem distribusi tenaga listrik akibat terjadinya distorsi gelombang arus dan tegangan.

Kandungan harmonisa yang tinggi pada jaringan sistem tenaga listrik akan menyebabkan transformator distribusi mengalami temperatur berlebih dan apabila tidak segera ditangani maka usia pengoperasian transformator lebih singkat.Salah satu perangkat yang dapat merusak transformator distribusi adalah beban non-linear, diantaranya yang terdapat pada Kampus Politeknik Enjinering Indorama sebagai sebagian penyumbang harmonisa yang terjadi seperti komputer, refrigerator, air conditioning disetiap ruang kelas, peralatan elektronika laboratorium, serta adjustable speed drive (ASD) yang terdapat pada unit mesin Drawn Texture Yarn (DTY).

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui harmonisa dan pengaruhnya terhadap peningkatan temperatur pada transformator distribusi 1000 kVA yang terdapat di area Politeknik Enjinering Indorama dengan cara melakukan pengukuran harmonisa pada transformator distribusi dalam keadaan berbeban. Pembebanan transformator sesuai dengan beban operasional  dalam melaksanakan kegiatan akademik dan admistratif serta laboratorium.

Kata kunci:  harmonisa, temperatur, transformator

 


Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24176/simet.v8i2.1187

Article Metrics

Sari views : 156| PDF views : 124

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


free hit counter View My Stats

Indexed by:

 

Flag Counter

Creative Commons License
Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: