APLIKASI SISTEM CERDAS UNTUK PREDIKSI ENERGI LISTRIK PEMAKAIAN SENDIRI DI PT INDONESIA POWER SUB UNIT PLTA KABUPATEN WONOGIRI

Herliyani Hasanah, Nurmalitasari Nurmalitasari

Sari


Kebutuhan akan energi listrik menjadi kebutuhan primer nasional. Dalam keberlangsungan proses produksi energi listrik pada pembangkitan – pembangkitan diperlukan energi listrik untuk pemakaian sendiri. Dalam penelitian ini dibangun sebuah aplikasi sistem cerdas untuk memprediksi energi listrik pemakaian sendiri di PT Indonesia Power sub unit PLTA Wonogiri. Pada penelitian ini menggunakan 2 kelompok input, yaitu input FIS (Fuzzy Inference System) dan input pada NN (Neuro Fuzzy). Input data  merupakan data produksi harian energi listrik di PLTA Wonogiri selama kurun waktu 2010 – 2016. Variabel data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data produksi listrik untuk pemakaian PLTA Wonogiri adalah energi listrik yang dihasilkan PLTA Wonogiri dengan satuan KwH (f), elevasi muka air waduk dengan satuan meter (a1) dan debit air yang masuk ke turbin dengan satuan /detik (a2).  Output yang diperoleh adalah pusat centroid (m), derajat keanggotaan (mf), bobot (w) dan konsekuen parameter ( c ). Dari hasil pengujian diperoleh keluaran dengan performansi yang optimal pada saat Fuzzy C Means 2 kelas dengan parameter laju pembelajaran 0.4, momentum 0.6 dengan bessar Mean Percentage Error 0.377970875.

 

 

Kata kunci:  prediksi, pemakaian sendiri, energi listrik, fuzzy inference system, neuro fuzzy


Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24176/simet.v8i2.1324

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


free hit counter View My Stats

Indexed by:

Anti Plagiarism:



 

Flag Counter

Creative Commons License
Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: