PEMANTAUAN SUMBER DAYA VIRTUAL SERVER PADA CLOUD COMPUTING UNIVERSITAS SEMARANG MENGGUNAKAN NETWORK MONITORING SYSTEM

Febrian Wahyu Christanto, Mohammad Sani Suprayogi

Sari


Ilmu Manajemen Jaringan adalah bagian dari ilmu jaringan komputer yang berkaitan dengan pengaturan sumber daya, optimasi, dan keamanan jaringan komputer. Pemantauan sumber daya server merupakan salah satu kegiatan dalam manajemen jaringan, dimana server yang dipantau harus tetap terjaga layanannya, baik server yang berupa server fisik atau virtual server.

Universitas Semarang telah mengimplementasikan cloud computing namun memiliki kendala dalam memantau virtual server yang berjalan. System administrator tidak mendapatkan notifikasi apabila salah satu virtual server mengalami masalah, sehingga penanganan terhadap layanan yang terganggu terkadang membutuhkan waktu yang lama. Selain itu aplikasi pemantauan yang berjalan sekarang kurang dapat memberikan informasi detail mengenai kondisi setiap virtual server yang berjalan.

Penelitian ini menggunakan metode pengembangan sistem PPDIOO (Prepare, Plan, Design, Implement, Operate, and Optimize) dengan Pandora FMS sebagai tools pemantau yang bertujuan untuk memberikan alternatif dalam memantau sumber daya virtual server sekaligus dapat memberikan informasi yang detail mengenai kondisi virtual server yang berjalan. Hasilnya system administrator akan mudah memantau kondisi server yang sedang berjalan. Selain itu teknik ini diharapkan dapat menjadi pengayaan dalam mata kuliah Manajemen Jaringan.

 

Kata kunci :  manajemen jaringan, pemantauan jaringan, virtual server


Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24176/simet.v8i2.1555

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


free hit counter View My Stats

Indexed by:

Anti Plagiarism:



 

Flag Counter

Creative Commons License
Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: