SISTEM PAKAR DIAGNOSA PENYAKIT UDANG VANNAMEI MENGGUNAKAN METODE FORWARD CHAINING BERBASIS WEB

Sindhu Rakasiwi, Taqius Shofi Albastomi

Sari


Budidaya udang vannamei merupakan usaha yang menjadi pilihan utama dewasa ini oleh para petani tambak udang dan juga para pembudidaya udang. Ketahanan terhadap stress dan cuaca yang ekstrim merupakan alasan utama populernya budidaya udang jenis vannamei ini. Meskipun begitu ,tak dapat dihindari ada beberapa penyakit yang dapat menyerang udang budidaya bila tak diperhatikan dengan baik. Beberapa penyakit yang menyerang udang vannamei biasanya dapat dicegah oleh para pembudidaya udang dengan berdasarkan oleh beberapa pengalaman ,namun hal ini tentunya masih kurang efektif dalam mencegah atau mengetahui jenis penyakit yang menyerang pada udang.

   Sistem pakar yang mengadopsi kepakaran manusia kedalam computer memiliki kedudukan strategis untuk membantu menyelesaikan permasalah penyakit yang menyerang udang vannamei. Dalam system ini inferensi yang digunakan adalah forward chaining karena proses yang dilakukan mengenali penyakit dari gejala – gejala dan ciri – cirri awal penyakit. Pembangunan sistem ini berbasis web dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan appserver sebagai databasenya.

   Sistem   pakar ini diharapkan dapat mewakili seorang pakar dalam bidang penyakit udang untuk mengetahui penyakit pada udang vannamei berdasarkan ciri – cirri dan gejala yang ada..


Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24176/simet.v8i2.1560

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


free hit counter View My Stats

Indexed by:

Anti Plagiarism:



 

Flag Counter

Creative Commons License
Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: