ANALISIS POLA PEMBELIAN KONSUMEN PADA TRANSAKSI PENJUALAN MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI

Irsyad Djamaludin
Agus Nursikuwagus

Sari


Penambangan data perlu dilakukan jika informasi disimpan dalam suatu penyimpan.  Aktfivitas ini menjadi  landasan  dalam  hal  pendukung  keputusan  untuk pembuat  keputusan.  Aktivitas  yang  sudah berjalan adalah informasi transaksi penjualan dan pembelian hanya tersimpan pada repository sebagai suatu laporan saja. Sehingga informasi hanya menjadi data histori yang tidak digunakan. Berdasarkan kejadian ini, maka diperlukan suatu analisis untuk mendukung suatu keputusan. Analisis ini adalah teknik mining dengan menggunakan algoritma Apriori. Tujuan  dari penelitian  ini adalah mendapatkan  pola penjualan  dan  pembelian  suatu  produk.  Untuk  menjawab  tujuan  maka  digunakan  algoritma  Apriori dengan aturan asosiasi. Penentuan itemset yang digunakan adalah berjumlah 1,2, dan 3 item produk. Sedangkan untuk Minimum Support yang digunakan adalah 30% dari jumlah transaksi yang ada. Untuk asosiasi  antar  produk ditentukan dengan confidence  sebesar  70%. Penelitian ini diselesaikan  dengan menggunakan UML yang terdiri dari Usecase Diagram, Class Diagram, dan Activty Diagram. Hasil dari penelitian ini adalah perangkat lunak analisis pola penjualan dan pembelian konsumen dengan Algoritma Apriori. Sedangkan keputusan yang diperoleh adalah asosiasi antar produk dengan menggunakan nilai confidence. Untuk Final Rule Association adalah produk bolu cake meses dan bolu cake keju dengan nilai confidence sebesar 84,62%.


Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24176/simet.v8i2.1566

Article Metrics

Sari views : 409| PDF views : 151

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


free hit counter View My Stats

Indexed by:

 

Flag Counter

Creative Commons License
Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: