PERANCANGAN SISTEM PENENTUAN OBJEK WISATA PANTAI TERBAIK DI BALI MENGGUNAKAN METODE FUZZY AHP (F- AHP)

Sutrisno Sutrisno
Adhi Susano
Agus Darmawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk membuat sistem penentu pemberian penetapan Objek wisata terbaik. Sistem penentu pemberian penetapan Objek wisata terbaik berdasar kriteria internal dan eksternal Dari metode yan gpernah dilakukan masih didapatkan ketidakpastian penilaian yang terlalu subjektif. Oleh karena itu, dibutuhkan metode penyeleksian penentuan Objek wisata agar mendapatkan hasil yang lebih dapat dipertanggungjawabkan. Perancangan sistem pendukung keputusan ini menggunakan metode fuzzy analytic hierarchy process dalam memberikan pertimbangan kepada masyarakat untuk menentukan tujuan objek wisata. Metode Fuzzy AHP (F-AHP) merupakan penggabungan metode AHP dan pendekatan fuzzy. Metode F-AHP menutupi kekurangan pada AHP dalam menangani ketidakpastian penilaian yang terlalu subjektif untuk data kualitatif. Metode F-AHP menggunakan penilaian dalam interval sehingga data yang kualitatif dapat memberikan penilaian yang lebih obyektif. Inti dari F-AHP terletak pada perbandingan berpasangan yang digambarkan dengan skala rasio yang berhubungan dengan skala fuzzy. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan, hasil dari sistem berupa rancangan aplikasi dari system keputusan peranking kandidat Objek wisata pantai terbaik perhitungan nilai prioritas dan skala fuzzy AHP.


Keywords


objek wisata; internal; eksternal; metode fuzzy AHP (F-AHP)

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anshori, Y., 2012. Pendekatan Triangular Fuzzy Number dalam Metode Analytic Hierarchy Process. Jurnal Ilmiah Foristek, Volume 2, No. 1.

Bire, C. E. B., Ernawati & Dwiandiyanta, B. Y., 2012. Perancangan SIstem Pendukung Keputusan Untuk Kenaikan Jabatan Pegawai Menggunakan Fuzzy Analytic Hierarchy Process. Semarang, Seminar Nasional Ilmu Komputer, Universitas Diponegoro.

Kabir, G & Hasin, A.2011. Comparative Analysis of AHP dan Fuzzy AHP Model For Multi Criteria Inventory Classification. International Journal of Fuzzy Logistic System(IJFLS),Volume 1,No.1.

Saaty, T. L. 2011. Fundamentals of Decision Making and Priority Theory With The Analytic Hierarchy Process. Vol IV. Universitas Pittsburgh. USA.

Shega, H. N. H., Rahmawati, R. & Yasin, H., 2012. Penentuan Faktor Prioritas Mahasiswa Dalam Memilih Telepon Seluler Merk Blackberry Dengan Fuzzy AHP. Semarang, Seminar Nasional Ilmu Komputer, Universitas Diponegoro.

Syamsiah. Fuzzy Madani. 2016;2(2). Available from: http://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/RDJE/article/view/1429/1165

Undang-undang RI No. 9 tahun 1990 tentang kepariwisataan.

Undang-undang Nomor 10 tahun 2009 tentang daya tarik wisata




DOI: https://doi.org/10.24176/simet.v9i1.1884

Article Metrics

Abstract views : 1343| PDF views : 989

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


free hit counter View My Stats

Indexed by:

Dimensions logo

 

Flag Counter

Creative Commons License
Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: