RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PARIWISATA DAN BUDAYA BERBASIS WEB MENGGUNAKAN GOOGLE API PADA KANTOR PARIWISATA DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN BLORA

Danang Danang
Febryantahanuji Febryantahanuji
Rima Febriana Maryati

Abstract


Perkembangan teknologi komputer yang semakin pesat media internet merupakan salah satu penyampaian informasi yang sangat  efektif. Melalui internet berbagai macam informasi dari berbagai macam bidang didapatkan secara cepat. Internetpun menjadi bagian penting sebagai wadah atau media promosi.  Dengan  faktor  kelebihan  internet  tersebut,  peneliti  mencoba  untuk  memberikan  informasi tentang keberadaaan pariwisata dan budaya yang ada di Blora agar diketahui oleh masyarakat kota Blora pada khususnya dan masyarakat luar kota Blora pada umumnya dengan mudah dan hemat waktu. Kabupaten Blora merupakan kabupaten yang mempunyai potensi wisata yang meliputi wisata belanja, wisata alam, wisata budaya maupun kuliner. Wisata belanja di Blora sangat beragam bagi para wisatawan yang akan berbelanja produk kerajinan dan sebagainya. Wisata budaya yang ditawarkan berupa tradisi dan adat istiadat serta keunikan khas yang ada di Blora. Sedangkan wisata kuliner yang terdapat di Blora berupa makanan khas dan jajanan khas Blora. Perancangan sistem ini dibuat melalui beberapa tahap, yaitu dari mulai menganalisa permasalahan, desain sistem, dan sampai ke tahap pengujian.  Software pendukung yang digunakan adalah Apache, Macromedia Dreamweaver MX dan PHP sebagai server side- scripting dan output  yang dihasilkan berupa sebuah website yang  menyediakan informasi dan dapat tercapai peningkatan yang optimal dalam bidang pariwisata dan budaya di Kabupaten Blora yang dapat lebih mengangkat citra Kabupaten Blora sebagai kota wisata dan budaya.

 

Kata kunci: teknologi, informasi, pariwisata, budaya, Blora.

Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24176/simet.v9i1.1923

Article Metrics

Abstract views : 2119| PDF views : 1426

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


free hit counter View My Stats

Indexed by:

Dimensions logo

 

Flag Counter

Creative Commons License
Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: