IMPLEMENTASI METODE FORWARD CHAINING DALAM SISTEM PENDETEKSI KERUSAKAN HARDWARE PADA KOMPUTER DAN LAPTOP BERBASIS ANDROID

Peti Savitri
Trisna Hadi

Abstract


Artikel ini menyajikan hasil penelitian mengenai pembangunan sistem berbasis android yang menerapkan salah satu metode dalam mesin inferensi sistem pakar yaitu forward chaining. Sistem yang dibangun adalah sistem pakar pendeteksi kerusakan hardware pada komputer maupun laptop yang bertujuan untuk membantu para user pemula mengetahui letak kerusakan hardware pada komputer dan laptop, serta membantu user untuk dalam menangani kerusakan tersebut. Basis pengetahuan sebagai komponen utama sistem pakar ini selain bersumber dari pakar yang sudah terbiasa menghadapi kerusakan komputer atau laptop dan menanganinya, juga melalui beberapa buku yang mengupas hal-hal yang berkaitan dengan dasar-dasar penanganan kerusakan komputer dan laptop. Metode yang digunakan untuk membangun sistem adalah metode prototipe (prototyping), sedangkan tools yang digunakan dalam melakukan analisa dan desain adalah unified modeling system (UML). Hasil dari penelitian ini adalah sistem pakar pendeteksi kerusakan hardware pada komputer dan laptop berbasis android yang sudah menggunakan metode forward chaining dalam proses kerjanya.

Kata kunci: sistem, pakar, android, forwad chaining, kerusakan, komputer.


Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24176/simet.v9i1.2004

Article Metrics

Abstract views : 2119| PDF views : 2932

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


free hit counter View My Stats

Indexed by:

Dimensions logo

 

Flag Counter

Creative Commons License
Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: