PERBAIKAN PROSES PRODUKSI DENGAN STANDAR CARA PRODUKSI PANGAN YANG BAIK (CPPB) DAN WORK IMPROVEMENT IN SMALL ENTERPRISE (WISE) PADA INDUSTRI KERUPUK SALA

Bambang Suhardi - [ https://orcid.org/0000-0001-7700-3494 ]
Maria Kadita
Pringgo Widyo Laksono - [ https://orcid.org/0000-0003-0502-5453 ]

Abstract


Kerupuk merupakan makanan kering khas Indonesia yang terbuat dari bahan dasar tepung tapioka dan sudah sangat dikenal oleh masyarakat. Industri kerupuk yang banyak tersebar di wilayah Indonesia sebagian besar masih merupakan Industri Rumah Tangga (IRT) yang proses produksinya dikerjakan secara tradisional. Setiap industri rumah tangga yang menghasilkan olahan pangan wajib memiliki SPP-IRT (Sertifikat Produksi Pangan Industri Rumah Tangga). SPP-IRT diperlukan oleh pelaku IRT agar dapat memperluas pasar penjualan dan memasuki pasar ritel modern. Untuk mendapatkan SPP-IRT terdapat beberapa aspek yang dinilai sesuai dengan peraturan CPPB (Cara Produksi Pangan yang Baik) yang diatur oleh BPOM. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi penerapan CPPB pada IRT kerupuk SALA dengan menggunakan daftar periksa CPPB-WISE sebagai upaya perbaikan proses produksi dan pemenuhan standar untuk mendapatkan SPP-IRT. Penelitian ini terdiri dari tujuh tahap yaitu identifikasi kondisi di kerupuk SALA, pemeriksaan daftar periksa CPPB di industri kerupuk SALA, pemeriksaan daftar periksa WISE di industri kerupuk SALA, penyusunan daftar periksa CPPB-WISE, pembobotan kriteria dan subkriteria daftar periksa CPPB-WISE dengan metode AHP, rekapitulasi pembobotan daftar periksa CPPB –WISE, dan usulan alternatif perbaikan proses produksi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat lima kriteria yang menjadi prioritas perbaikan berdasarkan evaluasi penilaian daftar periksa GMP-WISE dan juga diberikan usulan berupa penerapan budaya kerja 5S (Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu, dan Shitsuke) di IRT kerupuk SALA.


Keywords


kerupuk; cara produksi pangan yang baik; work improvement in small enterprise; SPP-IRT; 5S

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anggraini, T., dan Yudhastuti, R. 2014. “Penerapan Good Manufacturing Practices pada Industri Rumah Tangga Kerupuk Teripang di Sukolilo Surabaya”. Jurnal Kesehatan Lingkungan Vol. 7, No. 2, 148-158.

BPOM. 2012. Pedoman Cara Produksi Pangan yang Baik untuk Industri Rumah Tangga. Jakarta : Badan Pengawas Obat dan Makanan.

ILO. 2015. Daftar Periksa Pembinaan Peningkatan Keselamatan dan Kesehatan Kerja pada Usaha Kecil dan Menengah dengan Metode Pelatihan Prtisipasi Aktif. Jakarta : Kementrian Ketenagakerjaan Republik Indonesia.

Islami, S. B. 2013. Analisis Penilaian Penerapan Kesehatan dan Keselamatan Kerja pada Industri Kecil dan Menengah dengan Menggunakan Metode WISE. Skripsi. Surabaya : Institut Teknologi Sepuluh November.

Lisyanti., Palupi, N.S., Kadarisman, D., 2009. “Evaluasi Penerapan Cara Produksi yang Baik (Good Manufacturing Practices) dan Penyusunan SSOP Industri Lidah Buaya di PT. Libe Bumi Abadi”. Jurnal MPI, Vol 4, No. 1, 90-109

Purba, D.F., Nuraida, L., Koswara, S., 2014. “Efektivitas Program Peningkatan Mutu dan Keamanan Pangan Industri Rumah Tangga Pangan (IRTP) di Kabupaten Cianjur”. Jurnal Standardisasi Vol 16, No.2 .103-112

Putri, Rr. Asri, I., Rohayati, Y., Aisha, A.N., 2015. “Evaluasi Pemenuhan Kriteria CPPB-IRT dan Sertifikasi Halal Pada UKM Pelangi Rasa”. Jurnal Rekayasa Sistem & Industri Vol. 2, No. 3, 17-24

Rachmi, D., 2013. Penerapan Good Manufacturing Practice dan Work Improvement In Small Enterprise pada Usaha Kecil dan Menengah untuk Pemenuhan Standar Kesehatan (Studi Kasus : UKM Tempe Tenggilis Mejoyo Surabaya). Skripsi. Surabaya : Institut Tekonologi Sepuluh November.

Saaty, T. L., 2008. “Decision Making with The Analytic Hierarchy Process”. International Journal, Vol. 1, No. 1, 83-98.

Suwondo, C., 2012. “Penerapan Budaya Kerja Unggulan 5S (Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu, dan Shitsuke) di Indonesia”. Jurnal Magister Manajemen, Vol. 1, No.1.

Yusra., 2016. “Kajian Penerapan GMP dan SSOP pada Pengolahan Ikan Nila (Oreochronis niloticus) Asap di Kecamatan Tanjung Raya Kabupaten Agam”. Jurnal Katalisator Vol. 1 No. 1, 10-19.




DOI: https://doi.org/10.24176/simet.v9i1.2020

Article Metrics

Abstract views : 3041| PDF views : 4041

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


free hit counter View My Stats

Indexed by:

Dimensions logo

 

Flag Counter

Creative Commons License
Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: