DAUR ULANG PASIR SILIKA BEKAS INTI COR MELALUI TEKNIK BALL MILL UNTUK MENGEMBALIKAN DAYA IKATNYA

Sugeng Slamet
Yanuwar Bastian

Abstract


Teknik pengecoran merupakan metode pembentukan material logam yang sudah lama dikenal oleh manusia. Metode ini mempunyai banyak keuntungan yaitu dapat menghasilkan benda sesuai dengan aslinya, tidak dibatasi leh ukuran dan sesuai untuk produk massal. Media yang sering digunakan adalah pasir dan sebagian pola dilengkapi dengan inti cor. Pasir silika digunakan pengrajin cor untuk membuat inti cor. Pasir silika ini hanya bisa digunakan untuk sekali pakai untuk satu cetakan. Pasir silika tidak dapat digunakan lagi karena tidak mempunyai daya ikat antar partikelnya. Metode yang dilakukan adalah menghancurkan kembali  bongkahan  pasir  inti  bekas  cor  ke  dalam  mesin  ball  mill  dengan  variasi kecepatan putar, waktu giling, diameter dan jumlah bola baja yang digunakan per 1000 gr. Pasir silika selanjutnya dilakukan pengayakan dengan menggunakan mesh 100 dan 150. Hasil penggilingan dengan teknik ball  mill  menunjukkan bahwa kecepatan putar  mesin ball  mill  yang  meningkat tidak secara signifikan meningkatkan prosentase hasil. Penambahan waktu giling mampu meningkatkan prosentase hasil untuk semua ukuran mesh. Penambahan waktu giling dari 30 menjadi 60 menit pada kecepatan putar yang sama dan penambahan diameter bola dari 20 menjadi 25 mm mampu meningkatkan 14,10% lebih tinggi pada mesh 100.  Perlakuan yang sama dengan mesh 150 terjadi peningkatan sebesar 3,88%. Pasir silika daur ulang digunakan untuk membuat kembali inti cor. Semakin kecil ukuran mesh pasir silika menunjukkan ikatan partikel yang lebih kuat dengan bentuk pola inti yang lebih sempurna.

 


Keywords


ball mill; pasir silika; inti cor; pengecoran logam; mesh

Teks Lengkap:

PDF PDF

Referensi


Sulaiman S dan Hamouda A.M.S, 2004., Modelling and experimental investigation of solidification process in sand casting., Journal of material processing technology 155-156 (2004), pp. 1723-1726.

Sachin L, Nimbulkar dan Rajendra S. Dalu., 2016., Design optimization of gating and feeding system through simulation technique for sand casting of wear plate, Perspective in Science (2016)8, pp.39-42.

Eun Hee Kim., Guen Ho Cho., Yoon Suk Oh., Yeon Gil Junga., 2016., Development of high temperature mold process for sand casting with a thin and complex shape, Thin Solid Film 620 (2016), pp. 70-75.

Campbell, J., 2000., Casting., Birmingham Universty., United Kingdom.

Fairus., Sirin., Haryono., Sugita H., M., Sudrajat Agus., 2009., Proses Pembuatan Waterglass dari Pasir Silika dengan Pelebur Natrium Hidroksida, Jurnal Teknik Kimia Indonesia,Vol. 8, No. 2, hal. 56-62.

Kalapathy., Proctor, A., Shultz, J., 2000., A Simple Method For Production of Pure Silica FromRice Hull Ash, Bioresource Technology, Vol. 73, hal. 257-262.

Surdia Tata dan Chijiwa Kenji., 1975., Teknik pengecoran logam., Jakarta., Pradnya Paramitha.

Suryanarayana. C., 200., Mechanical balloyingand milling, Department of Metallurgi caland Materials Engineering., Colorado School of Mines

Seong Hyeon Hong., 2011. Manufacturing of aluminum flake powder from foil scrap by dry ballmilling process, Department of Materials Engineering, Korea Institute ofMachinery and

Materials, 66 Sangnam, South Korea.

Tasha Oksaria dan Wahyono Suprapto., 2014, Pengaruh kecepatan putar drum dan jumlah bola penumbuk pada ball mill terhadap distribusi ukuran serbuk duralumin, Teknik Mesin, Fakultas

Teknik, Universitas Brawijaya, Malang.

Sutiyoko dan Lutiyatmi., 2013., Pengaruh ukuran pasir cetak terhadap fluiditas dan akurasi ukuran besi cor kelabu dengan pengecoran lost foam, Teknik Mesin, Politeknik Manufaktur Ceper, Klaten.

Meladia Elok Purbarani dan Suminar., 2015., Analisis Rietvield Data Difraksi Kristobalit Hasil Sintesis dengan Metode Kopresipita, Jurusan Fisika, FMIPA, Institut Teknologi Sepuluh Nopember

(ITS), Surabaya




DOI: https://doi.org/10.24176/simet.v9i1.2097

Article Metrics

Abstract views : 1375| PDF views : 569 PDF views : 437

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


free hit counter View My Stats

Indexed by:

Dimensions logo

 

Flag Counter

Creative Commons License
Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: