ANALYTICAL HIERARCHY PROCCESS (AHP) UNTUK MEMBANGUN MESIN PENCARI DATA LULUSAN PERGURUAN TINGGI BERDASARKAN KEBUTUHAN PENGGUNA LULUSAN

Agung Budi Prasetyo
Danny Kriestanto

Abstract


Telah menjadi tugas perguruan tinggi untuk membuat lulusan terserap dunia kerja. Keterserapan lulusan di dunia kerja akan tinggi apabila perguruan tinggi dapat melakukan link and match antara kebutuhan perusahaan dengan kompetensi yang dimiliki lulusan. Link and match yang baik dapat terjadi jika didukung oleh ketersediaan data yang akurat dan pengolah data yang baik. Makalah ini melaporkan hasil penelitian pembuatan mesin pencari data lulusan yang dapat dimanfaatkan oleh pengguna lulusan untuk mencari lulusan suatu perguruan tinggi. Dengan metode Analytical Hierarchy Proccess (AHP) kriteria calon pegawai yang ditetapkan pengguna lulusan akan diurutkan berdasarkan skala prioritas kemudian dicocokkan dengan kompetensi lulusan. Apabila ditemukan kompetensi lulusan yang sesuai atau yang hampir sesuai maka mesin pencari akan menampilkan lulusan yang dimaksud beserta biodatanya untuk selanjutnya dapat dihubungi pihak pengguna lulusan. Dengan 14 kriteria dan 57 sub kriteria yang tersedia pengguna lulusan dapat menemukan sendiri lulusan yang dicari sesuai dengan kriteria yang dikehendakinya.

Kata kunci: mesin pencari, data lulusan, AHP.


Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24176/simet.v7i1.496

Article Metrics

Abstract views : 528| PDF views : 1094

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


free hit counter View My Stats

Indexed by:

Dimensions logo

 

Flag Counter

Creative Commons License
Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: