ANALISA PERBANDINGAN PEMODELAN BASIS DATA MENGGUNAKAN ER- DIAGRAM DAN EER-DIAGRAM PADA KASUS SISTEM ASISTENSI PERKULIAHAN PRAKTIKUM

Eko Darmanto

Sari


Perselisihan dan kebingungan dalam pemilihan dan penentuan alat pemodelan data secara konseptual sering terjadi apabila tidak memiliki dasar dalam sudut pandang tentang bagaimana penerapan hasil dari pemodelan basis data. Penerapan hasil rancangan basis data diimplementasikan dengan suatu bahasa pemrograman dengan sudut pandang berorientasi pada objek dan tidak berorientasi pada objek. Alat perancangan secara konseptual yang berupa Entity Relationships Diagram (ER-D) dianggap memiliki sudut pandang tidak berorientasi pada objek sedangkan Enhanced Entity Relationships Diagram (EER-D) memiliki pendekatan-pendekatan berorientasi pada objek. EER-D merupakan perluasan dari ER-D dengan adanya tambahan fitur berupa generalisasi, spesialisasi dan kategorisasi. Pada studi kasus sistem asistensi perkuliahan praktikum yang dilakukan dengan pemodelan data dengan merancang basis data menggunakan ER-D dan EER-D dapat dibandingkan bahwa ER-D memiliki kelebihan dalam kesederhanaan notasi, sifatnya umum tetapi sulit diimplementasikan pada kasus yang orientasinya pada objek. EER-D memiliki keunggulan lebih mendekati pada kasus yang ada di lapangan karena berorientasi pada objek, tetapi karena sifatnya yang harus diselesaikan perkasus memaksa perancangannya lebih rumit dan harus rinci. Pada studi kasus sistem asistensi mata kuliah praktikum ini hasil skema relasi yang ditransformasikan dari EER-D lebih banyak dibandingkan dengan menggunakan ER-D. Hasil dari skema relasional ini dapat diterapkan ke dalam aplikasi sistem manajemen basis data diberubah dulu menjadi struktur tabel yang disimpan dalam sebuah basis data.

Kata kunci: ER-Diagram, EER-Diagram, analisa perbandingan.


Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24176/simet.v7i1.532

Article Metrics

Sari views : 182| PDF views : 113

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


free hit counter View My Stats

Indexed by:

 

Flag Counter

Creative Commons License
Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: