PERANCANGAN PROGRAM APLIKASI PEMBELAJARAN IPA MATERI SISTEM PERNAPASAN BERBASIS MULTIMEDIA UNTUK SISWA SDLB BAGIAN B TUNA RUNGU MENGGUNAKAN OBJECT ORIENTED APPROACH

Diana Effendi
Bella Hardiyana
Iyan Gustiana

Abstract


Tunarungu, samahalnya dengan difabel yang lain yang merupakan warganegara Indonesia berhak memperoleh pendidikan. Seperti diketahui Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) membutuhkan perhatian lebih untuk meningkatkan fokus terhadap proses belajar. Saat ini dalam kegiatan belajar mengajar di objek penelitian yaitu SDLB Bagian (B) Cidendo Bandung dilakukan secara konvensional, dimana guru menjelaskan materi pelajaran menggunakan buku sebagai alat bantu dalam pengajaran. Keterbatasan media alat bantu yang tepat untuk mengajaranak tuna rungu menjadi masalah bagi para guru untuk mampu menjelaskan materi pelajaran yang dibebankan kepada siswa. Terutama pada mata pelajaran IPA/Sains yang cukup komplek, contohnya materi sistem pernapasan pada manusia dan hewan sangat membutuhkan bantuan alat yang lebih ke arah visual. Untuk mengatasi hal tersebut, dalam penelitian ini dibuatlah rancangan program aplikasi alat bantu pembelajaran IPA/Sains untuk SDLB bagian B khususnya materi sistem pernapasan manusia dan hewan menggunakan metode penelitian Research Development, metode pendekatan berbasis objek (object-oriented approach), dengan alat bantu perancangan menggunakan Unified Modeling Language (UML) yaitu Use Case, Sequence Diagram, Class Diagram.Sedangkan model pengembangan sistem menggunakan prototype. Rancangan tersebut meliputi rancangan proses, rancangan user interface program aplikasi yang disesuaikan dengan aplikasi berbasis multimedia. Berdasarkan rancangan tersebut, nantinya diharapkan dapat diimplementasikan menggunakan software Adobe Flash Cs3 Proffesional yang berbasiskan multimedia, dimana dengan multimedia memungkinkan suatu materi yang tidak dapat disampaikan secara verbal atau kejadian, dapat direkayasa sedemikian rupa sehingga bisa disajikan dengan terperinci dan sangat menarik bagi siswa.

Kata kunci: anak berkebutuhan khusus (ABK), tunarungu, IPA/sains, sistem pernapasan manusia dan hewan.


Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24176/simet.v7i2.773

Article Metrics

Abstract views : 3648| PDF views : 4436

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


free hit counter View My Stats

Indexed by:

Dimensions logo

 

Flag Counter

Creative Commons License
Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: