WEIGHTED PRODUCT (WP) UNTUK MEMBANGUN MESIN PENCARI DATA LULUSAN PERGURUAN TINGGI BERDASARKAN KEBUTUHAN PENGGUNA LULUSAN

Agung Budi Prasetyo

Abstract


Telah menjadi tugas perguruan tinggi untuk membuat lulusan terserap dunia kerja. Keterserapan lulusan di dunia kerja akan tinggi apabila perguruan tinggi dapat melakukan link and match antara kebutuhan perusahaan dengan kompetensi yang dimiliki lulusan. Link and match yang baik dapat terjadi jika didukung oleh ketersediaan data yang akurat dan pengolah data yang baik. Untuk keperluan tersebut telah dibangun suatu purwarupa mesin pencari data lulusan perguruan tinggi berbasis web menggunakan algoritma SPK AHP. Kesulitan yang dihadapi adalah tidak mudahnya menyusun kriteria dalam jumlah banyak ke dalam skala prioritas berwujud pairwise comparisons matrix. Penelitian ini mengupayakan perbaikan   atas penelitian sebelumnya dengan melakukan substitusi metode menggunakan  metode Weighted Product (WP) yang bertujuan mempermudah beban pencari lulusan (pengambil keputusan) di mana pembobotan alternatif (rating kecocokan) dilakukan sendiri oleh mahasiswa calon lulusan sebagai calon alternatif. Pembobotan preferensi dilakukan dalam skala likert 1 sampai 5 oleh pihak pencari lulusan, demikian pula untuk pembobotan rating kecocokan yang dilakukan oleh mahasiswa calon lulusan. Sebagai luaran, aplikasi mesin pencari akan menampilkan data lulusan yang sesuai dengan kriteria yang kemudian dapat dgunakan pihak pencari kerja untuk dilanjutkan ke proses rekrutmen. Dengan 13 kriteria dan 55 sub kriteria yang tersedia pencari lulusan dapat menemukan sendiri lulusan sesuai dengan kriteria yang dikehendakinya.


Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24176/simet.v8i1.849

Article Metrics

Abstract views : 579| PDF views : 1684

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


free hit counter View My Stats

Indexed by:

Dimensions logo

 

Flag Counter

Creative Commons License
Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: