Pengaruh Kompetensi, Independensi, Dan Profesionalisme Auditor Terhadap Kualitas Audit (Studi Empiris Pada Kantor Akuntan Publik Di Semarang)

Ponny Harsanty, Aprilia Whetyningtyas

Sari

Penelitian ini menguji apakah kompetensi, independensi, dan profesionalisme auditor berpengaruh terhadap kualitas audit. Auditor harus memiliki kompetensi, independensi, dan profesionalisme dalam mengaudit laporan keuangan untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat.
Sampel dalam penelitian ini adalah auditor yang bekerja di Kantor Akuntan Publik (KAP) yang berada di Semarang sejumlah 41 responden. Adapun metode pengambilan sampel adalah Convenience sampling. Kuesioner adalah alat yang digunakan untuk mengukur variabel. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda.
Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa kompetensi tidak berpengaruh terhadap kualitas audit, independensi berpengaruh terhadap kualitas audit, profesionalisme tidak berpengaruh terhadap kualitas audit. Berdasarkan analisis secara simultan menunjukkan bahwa kompetensi, independensi, dan profesionalisme auditor secara simultan (bersama-sama) berpengaruh terhadap kualitas audit.

Teks Lengkap:

PDF PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.