Improving The Skill Of Group Guidance By Using Peer Practice Training (For The Student Of Guidance And Counseling Program, Teacher Training And Education Faculty Universitas Muria Kudus In The Academic Year 2010/2011

Sucipto -

Sari


Latar belakang penelitian adalah keterampilan mahasiswa dalam bimbingan kelompok masih rendah. Hal ini disebabkan metode perkuliahan masih diselenggarakan secara teoritis, dan seandainya praktik, maka mahasiswa belum diberi kesempatan menjadi pemimpin kelompok. Figur dosen masih melekat kuat untuk menjadi pemimpin kelompok. Rumusan masalah adalah bagaimana menerapkan pelatihan praktik sebaya untuk meningkatkan keterampilan melaksanakan layanan bimbingan kelompok bagi mahasiswa Prodi BK Universitas Muria Kudus? Tujuan penelitian adalah membantu mahasiswa meningkatkan ketrampilan melaksanakan layanan bimbingan kelompok dengan pelatihan praktek sebaya. Hipotesis penelitian adalah Keterampilan bimbingan kelompok mahasiswa prodi bimbingan dan konseling FKIP Universitas Mahasiswa Muria Kudus Tahun Akademik 2010/2011 dapat ditingkatkan melalui pelatihan teman sebaya.
Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan kemampuan dosen dalam memberikan pelatihan sebaya bimbingan kelompok dari taraf baik (73%) pada siklus I menjadi sangat baik (86%) pada siklus II. Sementara keterampilan bimbingan kelompok mahasiswa pada kategori kurang (46%) pada siklusI menjadi baik (74%) pada siklus II, artinya mahasiswa menguasai dalam melaksanakan tahapan dan aspek-aspek secara utuh dan runtut dalam memimpin bimbingan kelompok serta mampu menjadi fasilitator secara mantap.

Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.