Kolaborasi Kurikulum Merdeka dan Kurikulum Terpadu di SDIT Al Islam Kudus

Rafida Salma
Fina Fakhriyah
Lovika Ardana Riswari

Abstract


Penelitian ini dilakukan menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data adalah penjodohan pola, pembuatan eksplanasi, dan analisis deret waktu. SDIT Al Islam Kudus menerapkan kurikulum merdeka bersamaan dengan kurikulum pendidikan terpadu yang telah diterapkan sebelumnya. Kurikulum merdeka dan kurikulum terpadu memiliki kesamaan pada pembelajaran yang terintegrasi, berbasis proyek, student centered, kontekstual, esensial, dan akuntabel. Kurikulum merdeka hadir untuk menjawab tantangan pendidikan dalam menyiapkan generasi bangsa yang berwawasan luas, mandiri, peduli dengan lingkungan sekitar, dan bermanfaat bagi sesama dan memberikan pembelajaran yang terintegrasi serta menyiapkan generasi yang berkarakter Islam.

Keywords


kurikulum merdeka; kurikulum terpadu; kegiatan berbasis proyek

Teks Lengkap:

587-599

Referensi


Ainurrosidah, L., Ulfatin, N., & Wiyono, B. B. (2018). Pembentukan Karakter Peserta Didik Pada Sekolah Berbasis Pesantren Melalui Implementasi Kurikulum Terpadu. Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 1(2), 160–170. https://doi.org/10.17977/um027v1i22018p160

Asmarawati, E. (2022). Implementation Of The Independent Curriculum In Mathematics Learning For Class X Vocational School In The Administrative City Of East Jakarta. International Journal of Educational Research & Social Sciences, 3(5), 1915–1919. https://doi.org/10.51601/ijersc.v3i5.487

Chamisijatin, L., Permana, F. H., & Zaenab, S. (2022). Pelaksanaan Penguatan Pendidikan Karakter dengan Penerapan Literasi dalam Pembelajaran sebagai Upaya Inovasi Pembelajaran dalam Merdeka Belajar pada Pandemi Covid-19. Lumbung Inovasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(2), 216–231.

Hartati, T., & Supriyoko, S. (2020). Implementasi Manajemen Kurikulum Pendidikan Islam Terpadu. Media Manajemen Pendidikan, 3(2), 197. https://doi.org/10.30738/mmp.v3i2.4652

Kemendikbudristek. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka. https://kurikulum.gtk.kemdikbud.go.id/

Mery, M., Martono, M., Halidjah, S., & Hartoyo, A. (2022). Sinergi Peserta Didik dalam Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Basicedu, 6(5), 7840–7849. https://jbasic.org/index.php/basicedu

Nadziroh, Chairiyah, & Pratomo, W. (2018). Hak Warga Negara Dalam Memperoleh Pendidikan Di Indonesia. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 4(3), 400–405.

Nuraini, D., Anggraini, L., Misiyanto, & Mulia, K. R. (2022). Serba-Serbi Kurikulum Merdeka. 1–51.

Purba, S. M. T. (2022). Implementation of the Independent Learning Curriculum to Realize One Child One Curriculum. Intelektium, 3(1), 106–117. https://doi.org/10.37010/int.v3i1.690

Purwanto, A. (2021). Pengembangan Kurikulum Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) di Sekolah Dasar Islam Terpadu. Jurnal Basicedu, 6(1), 335–342. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1928

Rofi, S., Abdullah, G., Miyono, N., & Artikel, S. (2022). Peran Kepala Sekolah Dalam Pengembangan Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Jurnal Prakarsa Peadagogia, 5(2), 293.

Satria, R., Adiprima, P., Wulan, K. S., & Harjatanaya, T. Y. (2022). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. In Y. Anggraena, D. Setiyowati, F. Ghozali, H. I. Wibowo, A. Andiarti, & I. Herutami (Eds.), Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan Kemdikbudristek.

Yin, R. K. (2022). Studi Kasus: Desain dan Metode (18th ed.). PT Raja Grafindo Persada.




DOI: https://doi.org/10.24176/jpp.v6i1.10214

Article Metrics

Abstract views : 36| 587-599 views : 20

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

real
time web analytics Jurnal Prakarsa Paedagogia Status

Negara Asal Pengunjung:

Flag Counter

Jurnal Prakarsa Paedagogia dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 International License.

Dedicated to: