Pengaruh Media Pembelajaran Bolnet terhadap Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas VI SDN Jembulwunut Kecamatan Gunung Wungkal Kabupaten Pati
Abstract
Media pembelajaran merupakan suatu sarana/alat bantu pendidik untuk menyampaikan pesan ataupun informasi agar dapat diterima dengan baik dan menarik oleh peserta didik. Bolnet singkatan dari bola Planet adalah alat bantu yang digunakan oleh pendidik untuk memberikan materi planet tata surya kepada peserta didik. Media pembelajaran bolnet dapat memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk lebih aktif dan berlatih menyampaikan informasi kepada kelompok lain dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan Metode penelitian eksperimen, yaitu metode penelitian yang dilakukan dengan percobaan. Dalam penelitian ini sampel yang dipilih oleh peneliti adalah sampel total/sensus. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan instrument tes. Variabel Independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah media pembelajaran (X). Variabel Dependen yang digunakan dalam penelitian ini adalah hasil Kognitif (Y). Hasil dari penelitian ini pada kelas eksperimen yang mendapatkan perlakuan dengan media pembelajaran Bolnet memperoleh hasil nilai gain sebesar 0,71 yang dikategorikan tinggi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pemberian perlakuan pembelajaran menggunakan media pembelajaran bolnet dapat memberikan pengaruh terhadap siswa dalam memecahkan masalah IPA pada materi sistem tata surya. Berdasarkan uji t-tes diperoleh sebesar sementara dengan deviasi bebas (db) N – 1 = 15 – 1= 14 dan taraf signifikansi ,05% diperoleh sebesar 2,145. Maka () > (2,145). Sehingga (Ha) dapat diterima, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran bolnet berpengaruh terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas VI SDN Jembulwunut Kecamatan unung Wungkal Kabupaten Pati.
Teks Lengkap:
609-616Referensi
Wawan S.R, Dkk (2016). Penerapan Model Pembelajaran Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Berbasis Multikultural. Kudus : Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muria Kudus.
Abadi, Nabillah. (2019). Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa. Karawang.
Ayu, Erlina. (2012). Pengetahuan Luar Angkasa,cuaca, dan Fenomena Alam. Yogyakarta : Istana Media.
Hamalik. (2006). Proses Belajar Mengajar. Bandung : Bumi aksara
Hamdan Husein Batubara. (2020). Media Pembelajaran Efektif. Semarang : Fatawa Publishing.
Hardianto. (2012). Belajar dan Pembelajaran. Riau : Uup Press
Hosnan M.(2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor : Ghalia Indonesia.
Margono. (2010). Metodelogi Penelitian Pendidikan. Jakarta : PT.Rineka Cipta
Sujana,Nana. (2011) Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Suhartanti, Dwi. (2008). Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta : Pusat perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
Sularmi. (2009). Sains Ilmu Pengetuhuan Alam. Jakarta : Pusat perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
Susanto, Ahmad.(2017) Pendidikan Anak Usia Dini (Konsep dan Teori). Jakarta : Bumi Aksara.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif,Kuantitatif,dan R&D. Bandung : Hak Cipta.
Usman Samatowa. (2011).Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta : PT Indeks
Utami,Suci Putri (2005). Pembelajaran Sains Untuk Anak Usia Dini. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional.DOI: https://doi.org/10.24176/jpp.v6i1.10509
Article Metrics
![](/public/site/images/umk/icon-graph.png)
![](/public/site/images/umk/icon-pdf.png)
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
![Creative Commons License](http://licensebuttons.net/l/by-nc-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Prakarsa Paedagogia Status
Negara Asal Pengunjung:
Jurnal Prakarsa Paedagogia dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 International License.
Dedicated to: