Pengaruh Media Pembelajaran Bolnet terhadap Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas VI SDN Jembulwunut Kecamatan Gunung Wungkal Kabupaten Pati

Alfi Ardilla Lutfiana
Khamdun Khamdun
Wawan Shokib Rondli

Abstract


 

Media pembelajaran merupakan suatu sarana/alat bantu pendidik untuk menyampaikan pesan ataupun informasi agar dapat diterima dengan baik dan menarik oleh peserta didik. Bolnet singkatan dari bola Planet adalah alat bantu  yang digunakan oleh pendidik untuk memberikan materi planet tata surya kepada peserta didik.  Media pembelajaran bolnet dapat memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk lebih aktif dan berlatih menyampaikan informasi kepada kelompok lain dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan Metode penelitian eksperimen, yaitu metode penelitian yang dilakukan dengan percobaan. Dalam penelitian ini sampel yang dipilih oleh peneliti adalah sampel total/sensus. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan instrument tes. Variabel Independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah media pembelajaran (X). Variabel Dependen yang digunakan dalam penelitian ini adalah hasil Kognitif (Y). Hasil dari penelitian ini pada kelas eksperimen yang mendapatkan perlakuan dengan media pembelajaran Bolnet memperoleh hasil nilai gain sebesar 0,71 yang dikategorikan tinggi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pemberian perlakuan pembelajaran menggunakan media pembelajaran bolnet dapat memberikan pengaruh terhadap siswa dalam memecahkan masalah IPA pada materi sistem tata surya. Berdasarkan uji t-tes diperoleh  sebesar  sementara  dengan deviasi bebas (db) N – 1 = 15 – 1= 14 dan taraf signifikansi ,05% diperoleh  sebesar 2,145. Maka () >  (2,145). Sehingga (Ha) dapat diterima, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran bolnet berpengaruh terhadap hasil  belajar IPA  pada siswa kelas VI SDN Jembulwunut Kecamatan unung Wungkal Kabupaten Pati.


Teks Lengkap:

609-616

Referensi


Wawan S.R, Dkk (2016). Penerapan Model Pembelajaran Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Berbasis Multikultural. Kudus : Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muria Kudus.

Abadi, Nabillah. (2019). Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa. Karawang.

Ayu, Erlina. (2012). Pengetahuan Luar Angkasa,cuaca, dan Fenomena Alam. Yogyakarta : Istana Media.

Hamalik. (2006). Proses Belajar Mengajar. Bandung : Bumi aksara

Hamdan Husein Batubara. (2020). Media Pembelajaran Efektif. Semarang : Fatawa Publishing.

Hardianto. (2012). Belajar dan Pembelajaran. Riau : Uup Press

Hosnan M.(2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor : Ghalia Indonesia.

Margono. (2010). Metodelogi Penelitian Pendidikan. Jakarta : PT.Rineka Cipta

Sujana,Nana. (2011) Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Suhartanti, Dwi. (2008). Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta : Pusat perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

Sularmi. (2009). Sains Ilmu Pengetuhuan Alam. Jakarta : Pusat perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

Susanto, Ahmad.(2017) Pendidikan Anak Usia Dini (Konsep dan Teori). Jakarta : Bumi Aksara.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif,Kuantitatif,dan R&D. Bandung : Hak Cipta.

Usman Samatowa. (2011).Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta : PT Indeks

Utami,Suci Putri (2005). Pembelajaran Sains Untuk Anak Usia Dini. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional.




DOI: https://doi.org/10.24176/jpp.v6i1.10509

Article Metrics

Abstract views : 62| 609-616 views : 35

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

real
time web analytics Jurnal Prakarsa Paedagogia Status

Negara Asal Pengunjung:

Flag Counter

Jurnal Prakarsa Paedagogia dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 International License.

Dedicated to: