TEACHER ADVISOR PROGRAM (TAP) SEBAGAI ALTERNATIF PROGRAM LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING PADA PENDIDIKAN DASAR DALAM MEMBENTUK KARAKTER PESERTA DIDIK
Abstract
Keywords
Teks Lengkap:
7-14Referensi
Alawiyah, F. (2017). Standar Nasional Pendidikan Dasar Dan Menengah. Aspirasi, 8(1), 81-92.
Baker, K. & Narula, B. (2012). The connected adolescent: Transitioning to middle school. Leadership, 41(5), 16-17.
Bandarsyah, D. (2019, December 13). Tantangan Pendidikan Era Digital. Geotimes.
Batubara, H. H., & Ariani, D. N. (2018). Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(4), 447-452.
Bhakti, C. P. (2015). Bimbingan Dan Konseling Komprehensif: Dari Paradigma Menuju Aksi. Jurnal Fokus Konseling, 1(2).
Budiarti, M. (2017). Bimbingan Konseling di Sekolah Dasar. Magetan : CV. AE Media grafika.
Daresh, J. C., & Pautsch, T. R. (1983). A Successful Teacher-Advisor Program. Middle School Journal, 14(3), 3-13.
Ditjen Guru dan Tenaga Kependidikan. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling Sekolah Dasar. Jakarta: Kemendikbud.
Hendon, K., & Jenkins, M. C. (2012). Do Teacher Advisement Programs Affect Student Achievement?. Alabama Counseling Association Journal, 38(1), 31-42.
Hidayatullah, M. F. (2010). Pendidikan Karakter: Membangun Peradaban Bangsa. Surakarta: Yuma Perkasa
Hidayatulloh, M. S., & Yani, M. T. (2016). Membentuk Karakter Disiplin Siswa Melalui Pembiasaan Budaya Sekolah Muhammad Syahroni Hidayatulloh Muhammad Turhan Yani. Kajian Moral dan Kewarganegaraan, 3(4), 1341–1355.
Kemendiknas. (2010). Desain Induk Pendidikan Karakter. Jakarta: Kementrian Pendidikan Nasional.
Khairullah, K., Ridhani, A. R., & Aminah, A. (2018). Karakteristik Konselor Islami (Kajian Empiris Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari). Jurnal Bimbingan Dan Konseling Ar-Rahman, 4(2), 47-54.
Lickona, T. (2013). Pendidikan Karakter: Panduan Lengkap Mendidik Siswa Menjadi Pintar dan Baik. Bandung: Nusa Media.
Myrick, R. D. (1990). The Teacher Advisor Program: An Innovative Approach to School Guidance. ERIC/CAPS, 2108 School of Education, University of Michigan, Ann Arbor, MI 48109-1259.
Myrick, R. D. (2011). Developmental guidance and counseling. Minneapolis : Educational Media Corporation.
National Middle School Association. (2003). This we believe: Successful schools for young adolescents. Westerville, OH: National Middle School Association.
Neal, S. (2009). Teacher Advisory Program: A Handbook For Teacher Success (Doctoral dissertation, California State University, Northridge).
Nisa, A. T., & Fitri, H. U. (2017). TAP (Teacher Advisor Program) Sebuah Strategi Kolaboratif Antara Guru dan Konselor. In Prosiding Seminar Bimbingan dan Konseling (Vol. 1, No. 1, pp. 89-95).
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia Nomor 111 Tahun 2014 Tentang Bimbingan dan Konseling Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 27 Tahun 2008 Tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Konselor.
Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan.
Ridhani, A. R., & Fauzi, Z. (2018). Pengembangan Pribadi Konselor Berbasis Islam. Jurnal Konseling Gusjigang, 4(2).
Rosada, U. D., Kurniasih, C., & Aji, B. S. (2019). Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah Dasar Berbasis Local Wisdom. Prosiding Seminar Nasional Pagelaran Pendidikan Dasar Nasional (PPDN) 1(1), 236-242.
Sa’ud, U. S., & Sumantri, M. (2007). Pendidikan dasar dan menengah. Dalam Ilmu & Aplikasi Pendidikan Bagian, 4.
Sakti, B. P. (2017). Indikator pengembangan karakter siswa sekolah dasar. Magistra, 29(101).
Saptono. (2011). Dimensi-Dimensi Pendidikan Karakter. Jakarta: Esensi Erlangga grup.
Sastrawijaya, A.T. (1991). Pengembangan Program Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Septianti, N., & Afiani, R. (2020). Pentingnya Memahami Karakteristik Siswa Sekolah Dasar Di SDN Cikokol 2. As-sabiqun, 2(1), 7-17.
Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi dan tujuan pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29-39.
Undang – Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Indonesia.
Utami, R. D. (2016). Membangun karakter siswa pendidikan dasar muhammadiyah melalui identifikasi implementasi pendidikan karakter di sekolah. Profesi Pendidikan Dasar, 2 (1), 32-40.
Wahidah, M. N., Putro, H. P. N., Syaharuddin, S., Prawitasari, M., Anis, M. Z. A., & Susanto, H. (2021). Dinamika Pendidikan Dasar Islam Sabilal Muhtadin Banjarmasin (1986-2019). PAKIS (Publikasi Berkala Pendidikan Ilmu Sosial), 1(1).
Waters, R. M. (2016). The Impact of School Configuration on Sixth Grade Student Achievement. Baker University.
DOI: https://doi.org/10.24176/jpp.v7i1.11135
Article Metrics
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Prakarsa Paedagogia Status
Negara Asal Pengunjung:
Jurnal Prakarsa Paedagogia dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 International License.
Dedicated to: