TEACHER ADVISOR PROGRAM (TAP) SEBAGAI ALTERNATIF PROGRAM LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING PADA PENDIDIKAN DASAR DALAM MEMBENTUK KARAKTER PESERTA DIDIK

Jarkawi Jarkawi
Jarkawi Jarkawi
Akhmad Rizkhi Ridhani - [ https://orcid.org/0000-0003-2153-9550 ]

Abstract


Pendidikan adalah usaha sadar, sistematis, dan terencana yang dilakukan oleh guru untuk mewujudkan atmosfir belajar yang efektif dan efesien agar peserta didik dapat berkembang optimal. Peserta didik merupakan individu yang unik, dimana setiap peserta didik memiliki karakteristik berbeda antara satu dengan lainnya. TAP (Teacher Advisor Program) atau program penasehat guru ini diberikan kepada seluruh siswa berdasarkan tingkatan kelas. Setiap penasehat ditugaskan mendampingi siswa berusia antara 18 dan 25 tahun. Program ini membuat sumber daya tersedia untuk setiap siswa  serta memberikan kesempatan  untuk membangun hubungan siswa-penasihat. manfaat dari penulisan gagasan ini ialah memberikan pandangan kepada pemangku kebijakan baik pemerintah, pimpinan di sekolah, praktisi BK, dan akademisi BK terkait Teacher Advisor Program (TAP) Sebagai Alternatif Program Layanan Bimbingan Dan Konseling Pada Pendidikan Dasar Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik. Kemudian dari pada itu pula diharapkan melalui gagasan tertulis ini para pemangku kebijakan baik pemerintah, pimpinan di sekolah, praktisi BK, dan akademisi BK dapat menyikapinya dengan bijaksana, sehingga tujuan dari pendidikan nasional di Indonesia dapat terwujud

Keywords


Teacher Advisor Program (TAP); Bimbingan dan Konseling; Pendidikan Dasar; Karkater Peserta Didik

Teks Lengkap:

7-14

Referensi


Alawiyah, F. (2017). Standar Nasional Pendidikan Dasar Dan Menengah. Aspirasi, 8(1), 81-92.

Baker, K. & Narula, B. (2012). The connected adolescent: Transitioning to middle school. Leadership, 41(5), 16-17.

Bandarsyah, D. (2019, December 13). Tantangan Pendidikan Era Digital. Geotimes.

Batubara, H. H., & Ariani, D. N. (2018). Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(4), 447-452.

Bhakti, C. P. (2015). Bimbingan Dan Konseling Komprehensif: Dari Paradigma Menuju Aksi. Jurnal Fokus Konseling, 1(2).

Budiarti, M. (2017). Bimbingan Konseling di Sekolah Dasar. Magetan : CV. AE Media grafika.

Daresh, J. C., & Pautsch, T. R. (1983). A Successful Teacher-Advisor Program. Middle School Journal, 14(3), 3-13.

Ditjen Guru dan Tenaga Kependidikan. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling Sekolah Dasar. Jakarta: Kemendikbud.

Hendon, K., & Jenkins, M. C. (2012). Do Teacher Advisement Programs Affect Student Achievement?. Alabama Counseling Association Journal, 38(1), 31-42.

Hidayatullah, M. F. (2010). Pendidikan Karakter: Membangun Peradaban Bangsa. Surakarta: Yuma Perkasa

Hidayatulloh, M. S., & Yani, M. T. (2016). Membentuk Karakter Disiplin Siswa Melalui Pembiasaan Budaya Sekolah Muhammad Syahroni Hidayatulloh Muhammad Turhan Yani. Kajian Moral dan Kewarganegaraan, 3(4), 1341–1355.

Kemendiknas. (2010). Desain Induk Pendidikan Karakter. Jakarta: Kementrian Pendidikan Nasional.

Khairullah, K., Ridhani, A. R., & Aminah, A. (2018). Karakteristik Konselor Islami (Kajian Empiris Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari). Jurnal Bimbingan Dan Konseling Ar-Rahman, 4(2), 47-54.

Lickona, T. (2013). Pendidikan Karakter: Panduan Lengkap Mendidik Siswa Menjadi Pintar dan Baik. Bandung: Nusa Media.

Myrick, R. D. (1990). The Teacher Advisor Program: An Innovative Approach to School Guidance. ERIC/CAPS, 2108 School of Education, University of Michigan, Ann Arbor, MI 48109-1259.

Myrick, R. D. (2011). Developmental guidance and counseling. Minneapolis : Educational Media Corporation.

National Middle School Association. (2003). This we believe: Successful schools for young adolescents. Westerville, OH: National Middle School Association.

Neal, S. (2009). Teacher Advisory Program: A Handbook For Teacher Success (Doctoral dissertation, California State University, Northridge).

Nisa, A. T., & Fitri, H. U. (2017). TAP (Teacher Advisor Program) Sebuah Strategi Kolaboratif Antara Guru dan Konselor. In Prosiding Seminar Bimbingan dan Konseling (Vol. 1, No. 1, pp. 89-95).

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia Nomor 111 Tahun 2014 Tentang Bimbingan dan Konseling Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 27 Tahun 2008 Tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Konselor.

Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan.

Ridhani, A. R., & Fauzi, Z. (2018). Pengembangan Pribadi Konselor Berbasis Islam. Jurnal Konseling Gusjigang, 4(2).

Rosada, U. D., Kurniasih, C., & Aji, B. S. (2019). Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah Dasar Berbasis Local Wisdom. Prosiding Seminar Nasional Pagelaran Pendidikan Dasar Nasional (PPDN) 1(1), 236-242.

Sa’ud, U. S., & Sumantri, M. (2007). Pendidikan dasar dan menengah. Dalam Ilmu & Aplikasi Pendidikan Bagian, 4.

Sakti, B. P. (2017). Indikator pengembangan karakter siswa sekolah dasar. Magistra, 29(101).

Saptono. (2011). Dimensi-Dimensi Pendidikan Karakter. Jakarta: Esensi Erlangga grup.

Sastrawijaya, A.T. (1991). Pengembangan Program Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Septianti, N., & Afiani, R. (2020). Pentingnya Memahami Karakteristik Siswa Sekolah Dasar Di SDN Cikokol 2. As-sabiqun, 2(1), 7-17.

Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi dan tujuan pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29-39.

Undang – Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Indonesia.

Utami, R. D. (2016). Membangun karakter siswa pendidikan dasar muhammadiyah melalui identifikasi implementasi pendidikan karakter di sekolah. Profesi Pendidikan Dasar, 2 (1), 32-40.

Wahidah, M. N., Putro, H. P. N., Syaharuddin, S., Prawitasari, M., Anis, M. Z. A., & Susanto, H. (2021). Dinamika Pendidikan Dasar Islam Sabilal Muhtadin Banjarmasin (1986-2019). PAKIS (Publikasi Berkala Pendidikan Ilmu Sosial), 1(1).

Waters, R. M. (2016). The Impact of School Configuration on Sixth Grade Student Achievement. Baker University.




DOI: https://doi.org/10.24176/jpp.v7i1.11135

Article Metrics

Abstract views : 21| 7-14 views : 6

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

real
time web analytics Jurnal Prakarsa Paedagogia Status

Negara Asal Pengunjung:

Flag Counter

Jurnal Prakarsa Paedagogia dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 International License.

Dedicated to: