Efektivitas Layanan Konseling Kelompok Pendekatan Realita Dengan Teknik WDEP Untuk Mengurangi Prokrastinasi Akademik Siswa Kelas XI.2 SMA Dwijendra Denpasar

I Nyoman Rajeg Mulyawan
Ni Putu Lokita Asmara Dewi
Ni Made Rita Angreni

Abstract


Pada sekolah tentu tidak satu pelajaran yang mesti dikuasai, namun ada banyak mata pelajaran yang harus dipahami. Hal ini juga yang memicu peserta didik melakukan tindakan penundaan pembatan tugas atau prokrastinasi akademik. Dengan menerapkan layanan konseling kelompok pendekatan realita dengan teknik WDEP merupakan salah satu bentuk intervensi yang diterapkan dalam pelaksanaan mengurangi prokrastinasi akademik siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Efektivitas implementasi Layanan Konseling Kelompok Pendekatan Realita Dengan Teknik WDEP Untuk Mengurangi Prokrastinasi Akademik Siswa XI.2 SMA Dwijendra Denpasar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan jumlah subjek 8 orang siswa. Penelitian dilakukan dengan dua siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Analisis data dilakukan secara kualitatif dengan cara mendeskripsikan fakta-fakta yang terkumpul dan disajikan dalam bentuk uraian. Hasil dari penelitian ini adalah adanya penurunan prokrastinasi akademik siswa setelah diberikan layanan konseling kelompok pendekatan realita dengan teknik WDEP.

Keywords


Konseling Kelompok;Konseling Realita;Teknik WDEP;Prokrastinasi Akademik

Teks Lengkap:

844-853

Referensi


Febriani, R. O., Ramli, M., & Hidayah, N. (2020). Cognitive Behavior Modification untuk Menurunkan Prokrastinasi Akademik Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling, 5(3), 132–141.

Nursalam, 2016, metode penelitian, & Fallis, A. . (2013). Hubungan Antara Efikasi Diri Akademik dan Prokrastinasi Akademik. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Widyawati, L. R. (2018). Efektivitas Konseling Kelompok Dengan Teknik Cognitive Restructuring Untuk Mereduksi Prokrastinasi Akademik Peserta Didik Kelas Viii Smp Negeri 7 Bandar Lampung. 36.

Susilaningsih, C. Y., & Rahayu, D. S. (2018). Kajian pustaka tentang Konseling Kelompok Realitas untuk mereduksi kecemasan pada kelompok purna tugas. Prosiding Seminar Nasional Bimbingan Dan Konseling, 2(1), 376–385.

Uno, H. B. (2021). Teori Motivasi & Pengukurannya.

Wirastania, A., & Farid, D. A. M. (2021). Efektivitas Konseling Realita Terhadap Resiliensi Diri Mahasiswa. Jurnal Fokus Konseling, 7(1), 9–13.

Yusron, A., Putri, D. A. S., & Andieni, V. D. (2017). Efektivitas Konseling realita dalam Memantapkan Pilihan Karir Mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling. PSIKOPEDAGOGIA Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(1), 28.

Susilaningsih, C. Y., & Rahayu, D. S. (2018). Kajian pustaka tentang Konseling Kelompok Realitas untuk mereduksi kecemasan pada kelompok purna tugas. Prosiding Seminar Nasional Bimbingan Dan Konseling, 2(1), 376–385.

Yusron, A., Putri, D. A. S., & Andieni, V. D. (2017). Efektivitas Konseling realita dalam Memantapkan Pilihan Karir Mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling. PSIKOPEDAGOGIA Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(1), 28. https://doi.org/10.12928/psikopedagogia.v6i1.7121




DOI: https://doi.org/10.24176/jpp.v6i2.11723

Article Metrics

Abstract views : 44| 844-853 views : 57

Refbacks



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

real
time web analytics Jurnal Prakarsa Paedagogia Status

Negara Asal Pengunjung:

Flag Counter

Jurnal Prakarsa Paedagogia dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 International License.

Dedicated to: