Peran Pembelajaran IPA Berbasis Kearifan Lokal dalam Memotivasi Minat Belajar di Sekolah Dasar


Abstract


This article discusses the activities of class VI SD N 3 Karangaji Jepara in science lessons regarding changes in objects. Problems that exist include uninteresting learning and a lack of student activity and interest in learning. This activity aims to see the role of science teaching and learning activities based on traditional knowledge in motivating interest in learning in grade VI elementary schools Semester 1 of SD N 3 Karangaji Kedung Jepara for the 2023/2024 academic year. This type of study is an in-depth qualitative methodology with a descriptive. Results of students' interest in learning which was originally low and has increased. The culture of the region where students are located potential that students have to be effective.originally low and has increased. The culture of the area where students live potential that students have to be effective.dituliskan maksimal 150 kata dalam bahasa inggris dengan font 10 pt Garamond. Struktur abstrak dimulai dari tujuan penulisan/penelitian, kebaruan dari artikel, dan hasil penelitian/ simpulan akhir hasil kajian.


Keywords


Science Lessons; Traditional Knowledge; Interest to Learn

Teks Lengkap:

192-203

Referensi


Afisa, Z. R., Fajrie, N., & Pratiwi, I. A. (2023). Pengembangan Media Komik Edukasi Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas V MI PIM Mujahidin. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08, 3848–3861. https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/8414/3276 Amalia, I. R., Khamdun, & Fathurohman, I. (2021). Peran Orang Tua Dalam Memotivasi Belajar Anak Sekolah Dasar Di Desa Wonorejo Jepara. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(4), 1211–1220. https://stp-mataram.e-journal.id/JIP/article/view/782 Anastasya, V. E., Ristiyani, R., & Fajrie, N. (2021). Permainan Ludo Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar. WASIS : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 9–14. https://doi.org/10.24176/wasis.v2i1.5018 Annisa, V., Fajrie, N., & Ahsin, M. N. (2021). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Kartu Gambar Ilustrasi Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. WASIS : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 1–8. https://doi.org/10.24176/wasis.v2i1.4951 Aryani, V., Fajrie, N., & Kironoratri, L. (2023). Pengembangan Media E-story Book Berbasis Kearifan Lokal Dalam Pembelajaran Dongeng Sastra Anak Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 09, 1939–1954. Darmuki, A., Nugrahani, F., Fathurohman, I., Kanzunnudin, M., & Hidayati, N. A. (2023). The Impact of Inquiry Collaboration Project Based Learning Model of Indonesian Language Course Achievement. International Journal of Instruction, 16(2), 247–266. https://doi.org/10.29333/iji.2023.16215a Dewinta, A., Nur, F., Sri, S., Imaniar, P., & Tahira, A. Z. (2021). Development of Teaching Material Local Wisdom-Based “Pati” in Elementary School. Asian Pendidikan, 1(2), 59–64. Dukalang, M. (2024). Minat Belajar Dan Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis, 1(1), 41–50. Faizah, R. N., Fajrie, N., & Rahayu, R. (2021). Sikap Sopan Santun Anak Dilihat Dari Pola Asuh Orang Tua Tunggal. Jurnal Prasasti Ilmu, 1(1). https://doi.org/10.24176/jpi.v1i1.6062 HASANAH, U., & FAJRI, N. (2022). Konsep Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. EDUKIDS : Jurnal Inovasi Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 116–126. https://doi.org/10.51878/edukids.v2i2.1775 Heim, A. B., & Holt, E. A. (2022). Undergraduates’ Motivation Following a Zoo Experience: Status Matters but Structure Does not. Journal of Experiential Education, 45(1), 68–87. https://doi.org/10.1177/10538259211012716 Khoirunnisa, K., Kanzunnudin, M., & Fajrie, N. (2022). Dongeng Kancil dan Buaya Sebagai Stimulasi Keterampilan Berbicara Anak Usia 8-9 Tahun. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(2), 410–414. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i2.1892 Kumalasari, N., Fathurohman, I., & Fakhriyah, F. (2023). Pengembangan E-Modul Berbasis Kearifan Lokal Daerah Grobogan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Paedagogy, 10(2), 554. https://doi.org/10.33394/jp.v10i2.7190 Laily, M., Wati, K., Kanzunnudin, M., Fathurohman, I., Artikel, S., Kunci, K., Laily, M., Wati, K., Kanzunnudin, M., & Fathurohman, I. (2022). KREDO : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra Terakreditasi Sinta 4 berdasarkan Keputusan Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan , Kementerian Riset , Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia ANALISIS STRUKTURAL ANTOLOGI PUISI ALARM SUNY. 5, 529–546. Lusidawaty, V., Fitria, Y., Miaz, Y., & Zikri, A. (2020). Pembelajaran Ipa Dengan Strategi Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Motivasi Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(1), 168–174. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.333 Mamu, H. D., Mardin, H., Akbar, M. N., Kalbi, K., Demulawa, M., Supartin, S., Abdjul, T., Kobi, W., & Febriyanti, F. (2023). Menumbuhkan Karakter Peduli Lingkungan Melalui Pembelajaran IPA Terintegrasi Kearifan Lokal. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 1(10), 2223–2230. https://doi.org/10.59837/jpmba.v1i10.501 Mawaddah, I. A., Rohana, & Rizhardi, R. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Saintifik Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 5(1), 59–67. https://doi.org/10.51494/jpdf.v5i1.1093 Meta-analisis, P. P. B. (2024). BIOCHEPHY : Journal of Science Education PENGEMBANGAN MODUL AJAR BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING. 4(1), 92–99. https://doi.org/10.52562/biochephy.v4i1.1069 Muslicha, A. N. F., Fitrah, Z., Imran, A., Nihru, H., Putri, A. P., Vinia, A., Rahmawati, A. D., Fitriani, A., & Hasbullah, A. N. (2023). Kampung Gurimbang , Kecamatan Sambaliung ,. Jurnal Mandira Cendikia, 2(8), 1–5. Nikmah, N., Rahayu, R., & Fajrie, N. (2020). Penerapan Media Pembelajaran Math Mobile Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas Iv. WASIS : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(2), 44–52. https://doi.org/10.24176/wasis.v1i2.4895 Ningrum, R. W., Ismaya, E. A., & Fajrie, N. (2020). Faktor – Faktor Pembentuk Karakter Disiplin Afisa, Z. R., Fajrie, N., & Pratiwi, I. A. (2023). Pengembangan Media Komik Edukasi Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas V MI PIM Mujahidin. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08, 3848–3861. https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/8414/3276 Amalia, I. R., Khamdun, & Fathurohman, I. (2021). Peran Orang Tua Dalam Memotivasi Belajar Anak Sekolah Dasar Di Desa Wonorejo Jepara. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(4), 1211–1220. https://stp-mataram.e-journal.id/JIP/article/view/782 Anastasya, V. E., Ristiyani, R., & Fajrie, N. (2021). Permainan Ludo Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar. WASIS : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 9–14. https://doi.org/10.24176/wasis.v2i1.5018 Annisa, V., Fajrie, N., & Ahsin, M. N. (2021). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Kartu Gambar Ilustrasi Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. WASIS : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 1–8. https://doi.org/10.24176/wasis.v2i1.4951 Aryani, V., Fajrie, N., & Kironoratri, L. (2023). Pengembangan Media E-story Book Berbasis Kearifan Lokal Dalam Pembelajaran Dongeng Sastra Anak Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 09, 1939–1954. Darmuki, A., Nugrahani, F., Fathurohman, I., Kanzunnudin, M., & Hidayati, N. A. (2023). The Impact of Inquiry Collaboration Project Based Learning Model of Indonesian Language Course Achievement. International Journal of Instruction, 16(2), 247–266. https://doi.org/10.29333/iji.2023.16215a Dewinta, A., Nur, F., Sri, S., Imaniar, P., & Tahira, A. Z. (2021). Development of Teaching Material Local Wisdom-Based “Pati” in Elementary School. Asian Pendidikan, 1(2), 59–64. Dukalang, M. (2024). Minat Belajar Dan Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis, 1(1), 41–50. Faizah, R. N., Fajrie, N., & Rahayu, R. (2021). Sikap Sopan Santun Anak Dilihat Dari Pola Asuh Orang Tua Tunggal. Jurnal Prasasti Ilmu, 1(1). https://doi.org/10.24176/jpi.v1i1.6062 HASANAH, U., & FAJRI, N. (2022). Konsep Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. EDUKIDS : Jurnal Inovasi Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 116–126. https://doi.org/10.51878/edukids.v2i2.1775 Heim, A. B., & Holt, E. A. (2022). Undergraduates’ Motivation Following a Zoo Experience: Status Matters but Structure Does not. Journal of Experiential Education, 45(1), 68–87. https://doi.org/10.1177/10538259211012716 Khoirunnisa, K., Kanzunnudin, M., & Fajrie, N. (2022). Dongeng Kancil dan Buaya Sebagai Stimulasi Keterampilan Berbicara Anak Usia 8-9 Tahun. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(2), 410–414. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i2.1892 Kumalasari, N., Fathurohman, I., & Fakhriyah, F. (2023). Pengembangan E-Modul Berbasis Kearifan Lokal Daerah Grobogan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Paedagogy, 10(2), 554. https://doi.org/10.33394/jp.v10i2.7190 Laily, M., Wati, K., Kanzunnudin, M., Fathurohman, I., Artikel, S., Kunci, K., Laily, M., Wati, K., Kanzunnudin, M., & Fathurohman, I. (2022). KREDO : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra Terakreditasi Sinta 4 berdasarkan Keputusan Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan , Kementerian Riset , Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia ANALISIS STRUKTURAL ANTOLOGI PUISI ALARM SUNY. 5, 529–546. Lusidawaty, V., Fitria, Y., Miaz, Y., & Zikri, A. (2020). Pembelajaran Ipa Dengan Strategi Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Motivasi Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(1), 168–174. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.333 Mamu, H. D., Mardin, H., Akbar, M. N., Kalbi, K., Demulawa, M., Supartin, S., Abdjul, T., Kobi, W., & Febriyanti, F. (2023). Menumbuhkan Karakter Peduli Lingkungan Melalui Pembelajaran IPA Terintegrasi Kearifan Lokal. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 1(10), 2223–2230. https://doi.org/10.59837/jpmba.v1i10.501 Mawaddah, I. A., Rohana, & Rizhardi, R. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Saintifik Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 5(1), 59–67. https://doi.org/10.51494/jpdf.v5i1.1093 Meta-analisis, P. P. B. (2024). BIOCHEPHY : Journal of Science Education PENGEMBANGAN MODUL AJAR BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING. 4(1), 92–99. https://doi.org/10.52562/biochephy.v4i1.1069 Muslicha, A. N. F., Fitrah, Z., Imran, A., Nihru, H., Putri, A. P., Vinia, A., Rahmawati, A. D., Fitriani, A., & Hasbullah, A. N. (2023). Kampung Gurimbang , Kecamatan Sambaliung ,. Jurnal Mandira Cendikia, 2(8), 1–5. Nikmah, N., Rahayu, R., & Fajrie, N. (2020). Penerapan Media Pembelajaran Math Mobile Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas Iv. WASIS : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(2), 44–52. https://doi.org/10.24176/wasis.v1i2.4895 Ningrum, R. W., Ismaya, E. A., & Fajrie, N. (2020). Faktor – Faktor Pembentuk Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Dalam Ekstrakurikuler Pramuka. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 3(1). https://doi.org/10.24176/jpp.v3i1.5105 Rosita, E., Utomo, A. P., Azizah, S. A., & Sukoco, S. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbasis Kearifan Lokal Berbantuan Media Ular Tangga untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi. Jurnal Biologi, 1(3), 1–13. https://doi.org/10.47134/biology.v1i3.1973 Rosyada, D. (2020). penelitian kualitatif untuk ilmu pendidikan. prenadamedia group. Saputri, A. N., & Desstya, A. (2023). Implementasi Pembelajaran IPA Sekolah Dasar Berbasis Kearifan Lokal di Kabupaten Sragen. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 7(2), 1–8. https://doi.org/10.30651/else.v7i2.18280 Septiani, F. D., Fatuhurrahman, I., & Pratiwi, I. A. (2021). Pola Asuh Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 1104–1111. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1346 Shandra, Y. (2024). Strategi Untuk Meningkatkan Minat Belajar : Model. 7(2020), 1292–1299. Suttrisno, S., Elmuna, F. N., & Fithriyah, D. N. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran VCT (Value Clarification Technique) Berbasis Kearifan Lokal Bojonegoro terhadap Literasi Membaca Siswa Madrasah Ibtidaiyah. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(1), 629–634. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i1.3087 Uran, Y. L., Panis, I. C., Ursula, M., Mukin, J., Katolik, U., Mandira, W., & Artikel, R. (2024). Didik Pada Materi Gelombang Bunyi. 2, 23–28. Uswatun Khasanah, Fathurohman, I., & Setiawan, D. (2022). Pendidikan Karakter Dalam Cerita Rakyat Genuk Kemiri. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(1), 60–64. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i1.1611 Utaminingsih, S., Putri, J., Rondli, W. S., Fathurohman, I., & Hariyadi, A. (2023). Project P5: How is assistance in implementing the independent curriculum in elementary schools? Jurnal Inovasi Dan Pengembangan Hasil Pengabdian Masyarakat, 1(2), 73–79. https://doi.org/10.61650/jip-dimas.v1i2.229 Wardani, I. K., & Sarjan, M. (2024). Etnosains dan Kearifan Lokal Pemanfaatan Ampas Minyak Kelapa Terhadap pembelajaran Berdiferensiasi dalam Perspektif Progresivisme pada Mata Pelajaran IPA Intan. Journal Transformation of Mandalika, 5(1), 82–95. Yurika, R. E., & Rahmat, H. K. (2021). Strategi Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal sebagai Upaya Penguatan Pendidikan Karakter di Era Globalisasi. 75–83.




DOI: https://doi.org/10.24176/jpp.v7i1.12933

Article Metrics

Abstract views : 10| 192-203 views : 4

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

real
time web analytics Jurnal Prakarsa Paedagogia Status

Negara Asal Pengunjung:

Flag Counter

Jurnal Prakarsa Paedagogia dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 International License.

Dedicated to: