Efektifitas Inquiry-Based Learning Metode Percobaan Berbantu Panduan Digital Mata Pelajaran IPA Sekolah Dasar : Dampak Hasil Belajar dan Kecakapan Berpikir Kritis
Abstract
Keywords
Teks Lengkap:
170-183Referensi
Amanda, N., Kanzunnudin, M., & Fathurohman, I. (2023). Multiplication E-Module Media to Improve Cognitive Ability of First Grade Elementary School Students. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 7(3), 494–502. https://doi.org/10.23887/jppp.v7i3.67081
Amijaya, L. S., Ramdani, A., & Merta, I. W. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Dan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Pijar Mipa, 13(2), 94–99. https://doi.org/10.29303/jpm.v13i2.468
Annisa, L., Oktaviana, C., & Habibi, A. A. (2020). Hubungan Keterampilan Berpikir Kritis Dengan Hasil Belajar Peserta Didik. Edubiologica Jurnal Penelitian Ilmu Dan Pendidikan Biologi, 8(1), 35. https://doi.org/10.25134/edubiologica.v8i1.2337
Annisa, V., Fajrie, N., & Ahsin, M. N. (2021). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Kartu Gambar Ilustrasi Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. WASIS : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 1–8. https://doi.org/10.24176/wasis.v2i1.4951
Arif, D. S. F., Zaenuri, & Cahyono, A. N. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Pada Model Problem Based Learning ( PBL ) Berbantu Media Pembelajaran Interaktif dan Google Classroom. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES, 2018, 323–328. https://proceeding.unnes.ac.id/snpasca/article/view/594
Attamimi, T. A., Ahmad, R. F., & Fajar, R. Al. (2023). Teknik Pengolahan Dan Penilaian Hasil Belajar Aspek Kognitif Dalam Evaluasi Pembelajaran: Studi Analisis Pembelajaran Daring. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(1), 139. https://doi.org/10.35931/am.v7i1.1480
Cahyani, N. I., & Azizah, U. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Pada Materi Laju Reaksi Kelas Xi Sma. UNESA Journal of Chemistry Education, 8(3), 320–326.
Darmuki, A., Nugrahani, F., Fathurohman, I., Kanzunnudin, M., & Hidayati, N. A. (2023). The Impact of Inquiry Collaboration Project Based Learning Model of Indonesian Language Course Achievement. International Journal of Instruction, 16(2), 247–266. https://doi.org/10.29333/iji.2023.16215a
Ellerton, P., & Dewey, J. (2022). On critical thinking and content knowledge: a critique of the assumptions of cognitive load theory “Thinking is the method of intelligent learning.” Thinking Skills and Creativity, 1, 1–14.
Erlina, S. (2019). Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Sejarah Dengan Menggunakan Pendekatan Inkuiri Pada Siswa SMA Negeri 1 Metro. Jurnal Dewantara, VII, 122–135. http://ejournal.iqrometro.co.id/index.php/pendidikan/article/view/107%0Ahttps://ejournal.iqrometro.co.id/index.php/pendidikan/article/download/107/88
Farokah, E., & Winarso, W. (2021). Mathematical Communication and Social Skills of The Students through Pair Check Type Cooperative Learning Models. Sukma: Jurnal Pendidikan, 5(2), 133–150. https://doi.org/10.32533/05201.2021
Fitriani, W., Suwarjo, S., & Wangid, M. N. (2021). Berpikir Kritis dan Komputasi: Analisis Kebutuhan Media Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 9(2), 234–242. https://doi.org/10.24815/jpsi.v9i2.19040
Fitriya, D., Amaliyah, A., Pujianti, & Fadhillahwati, N. F. (2022). Analisis Keterampilan Berfikir Kritis Siswa Sekolah Dasar Pada Pembelajaran Matematika Kurikulum 2013. Journal Scientific of Mandalika, 3(5), 362–367. https://www.ojs.cahayamandalika.com/index.php/jomla/article/view/623
Fitriyani, F., & Fathurrahman, I. (2021). Kemampuan Menyusun Teks Cerita Pendek dengan Metode Simulasi Melalui Film Nyai Ahmad Dahlan pada Siswa SD Muhammadiyah 1 Kudus. Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(2), 140. https://doi.org/10.29300/disastra.v3i2.4308
Handayani, N. N. L. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Lingkungan Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Dan Penguasaan Konsep Ipa Kelas V Sd Gugus Viii Kecamatan Abang. Jurnal Pendidikan Dasar Ganesha, 5(1), 124383. https://media.neliti.com/media/publications/124383-ID-pengaruh-model-pembelajaran-inkuiri-terb.pdf
Haryono, D., & Fajrie, N. (2023). Inquiry Learning untuk Peningkatan HOTS dan Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas V SDN Doropayung 01 Kecamatan Juwana. Journal on Education, 05(02), 5535–5541. https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/1334%0Ahttps://jonedu.org/index.php/joe/article/download/1334/1055
Hendriani, M., & Gusteti, M. U. (2021). Validitas LKPD Elektronik Berbasis Masalah Terintegrasi Nilai Karakter Percaya Diri untuk Keterampilan Pemecahan Masalah Matematika SD Di Era Digital. Jurnal Basicedu, 5(4), 2430–2439. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1243
Hidayat, H. (2021). Pengaruh Metode Inkuiri terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Siswa Kelas V di SD Negeri 3 Dompu Tahun Pembelajaran 2020/2021. JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 1(2), 99–112. https://doi.org/10.53299/jagomipa.v1i2.68
Joyce, B., & Weil, M. (2020). Models of Teaching, Fifth Edition. Prentice Hall of India, 7.
Kemendikbud. (2022). Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) SD-SMA. Merdeka Mengajar. https://guru.kemdikbud.go.id/kurikulum/referensi-penerapan/capaian-pembelajaran/sd-sma/ilmu-pengetahuan-alam-dan-sosial-ipas/
Khafidhoh, E., Fathurohman, I., & Rondli, W. S. (2024). Development of E-APE Interactive Media for Languange Learning for Early Childhood. ICCCM Journal of Social Sciences and Humanities, 3(2), 1–6.
Krismayoni, P. A. W., & Suarni, N. K. (2020). Pembelajaran IPA dengan Model Pembelajaran Children Learning In Science Meningkatkan Hasil Belajar Ditinjau Dari Minat Belajar. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 3(2), 138. https://doi.org/10.23887/jp2.v3i2.25258
Kumalasari, N., Fathurohman, I., & Fakhriyah, F. (2023). Pengembangan E-Modul Berbasis Kearifan Lokal Daerah Grobogan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Paedagogy, 10(2), 554. https://doi.org/10.33394/jp.v10i2.7190
Lesmoyo, Y. A. S., Fajrie, N., Surachmi, S., & Legowo, Y. A. S. (2023). Pengaruh Peningkatan Keaktifan Siswa terhadap Peningkatan Hasil Belajar IPA Siswa SD dalam Pembelajaran dengan Media Audiovisual. Journal on Teacher Education, 4(3), 777–783.
Made, A. M., Ambiyar, A., Riyanda, A. R., Sagala, M. K., & Adi, N. H. (2022). Implementasi Model Project Based Learning (PjBL) dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Teknik Mesin. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5162–5169. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3128
Maghfiroh, M., Khamdun, & Fajrie, N. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Media Kapindo (Kantong Pintar Doraemon) Terhadap Hasil Belajar Matematika. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 09(3), 1651–1659.
Maharuli, F. M., & Zulherman, Z. (2021). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Dalam Muatan Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(2), 265–271. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.966
Mao, Y. (2023). Issues and Strategies in Inquiry-Based Learning Evaluation. Open Journal of Social Sciences, 11(04), 422–440. https://doi.org/10.4236/jss.2023.114030
Maulida, D. H., Fajrie, N., & W, S. S. (2023). Pengaruh Media Audiovisual terhadap Prestasi Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Ipa Kelas VI SD Negeri Perdopo 02 Gunungwungkal. Journal on Education, 5(2), 3381–3387. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1013
Mawardi, M., & Puspita Sari, P. A. (2020). Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Ipa Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE), 1(1), 1–12. https://doi.org/10.31000/ijoee.v1i1.2563
Meo, L., Weu, G., & BS, Y. N. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 8(1), 38–52. https://doi.org/10.38048/jipcb.v8i1.101
Millah, A. S., Apriyani, Arobiah, D., Febriani, E. S., & Ramdhani, E. (2023). Analisis Data dalam Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Kreativitas Mahasiswa, 1(2), 140–153.
Moerti, T. D., Fathurohman, I., & Ismaya, E. A. (2024). Pengaruh Program Literasi Pojok Baca Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SD 07 Bulung Kulon. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 10(1), 1349–1358.
Mohzana, Bahansubu, A., Ramdani, H. T., Syahrul, M., & Vanchapo, A. R. (2023). The Influence of Inquiry Learning Model Implementation on Students Critical Thinking Ability in Class Learning Activities. Journal on Education, 06(01), 725–731. mudir
Mufida, N., Fathurohman, I., & Purwaningrum, J. P. (2022). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas Iv Sdn 3 Undaan Lor Pada Mata Pelajaran Matematika Selama Pembelajaran Daring. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 6(5), 1274. https://doi.org/10.33578/pjr.v6i5.8500
Mulyanti, N. M. B., Gading, I. K., & Diki. (2023). Dampak Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Hasil Belajar IPA dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 6(1), 109–119. https://doi.org/10.23887/jippg.v6i1.59276
Nikmah, K., Fajrie, N., & Kurniati, D. (2023). Penggunaan Strategi Concept Mapping Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ips. PENDASI Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 7(2), 331–342. https://doi.org/10.23887/jurnal_pendas.v7i2.2449
Nurhayati, D. A. W., Putranto, A., Marwa, D. M., & Purwowidodo, A. (2020). Effect of Thinking Skill-Based Inquiry Learning Method on Learning Outcomes of Social Studies: A Quasi-Experimental Study on Grade VIII Students of MTSN 6 Tulungagung. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 485(1). https://doi.org/10.1088/1755-1315/485/1/012073
OECD. (2023). Pisa 2022. In Pisa 2022: Vol. I. https://doi.org/10.31244/9783830998488
Parwati, G. A. P., Rapi, N. ., & Rachmawati, D. . (2020). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Koloid. Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha, 10(1).
Prameswari, A., & Fajrie, N. (2021). The Effect of Problem Based Learning Model on Students’ Critical Thinking Ability at SDN 2 Pecangaan. Journal Of Technology And Humanities, 2(2), 43–47.
Purnaningtyas, A. R. I. D., Fathurohman, I., & Kuryanto, M. S. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Melalui Model T Eams Games Tournament Berbantuan Media Unos Pada Siswa Kelas Iv Sekolah. Jurnal Pendidikan Dasar Borneo (Judikdas Borneo), 02(01), 15–23.
Rahmadhani, A. D., Kurniawan, D., Rambe, A. H., Rahman, M. A., Jamilah, N., Ahmad, S., & Purba, T. (2022). Penggunaan Metode Pembalajaran Inquiri Learning pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 14243–14248.
Rahmawati, Y., Ridwan, A., Hadinugrahaningsih, T., & Soeprijanto. (2019). Developing critical and creative thinking skills through STEAM integration in chemistry learning. Journal of Physics: Conference Series, 1156(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1156/1/012033
Sanjani, M. A. (2019). Pelaksanaan Strategi Pembelajaran Inkuiri. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan, 8(2).
Santika, I. G. N., Suastra, I. W., & Arnyana, I. B. P. (2022). Membentuk Karakter Peduli Lingkungan Pada Siswa Sekolah Dasar Melalui Pembelajaran Ipa (Forming the Character of Caring for the Environment in Elementary School Students through Science Learning). Jurnal Education and Development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, 10(1), 207–212. http://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/3382%0Ahttp://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/download/3382/2182
Sari, R. D. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa XII-BG-1 Dengan Metode Inquiry Mata Pelajaran Produk Pastry Dan Bakery Materi Roti Manis (Sweet Bread) Pada Semester Genap Tahun Ajaran 2020-2021 Di SMK Negeri 3 Banda Aceh. X(11), 1431–1441.
Sari, S. G. K., Rondli, W. S., & Fathurohman, I. (2023). Peningkatan Keterampilan Membaca Huruf Konsonan Menggunakan Media Flashcard Pada Siswa Kelas I Sdn Kedungwaru Lor. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08(01), 5201–5211. https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/8487%0Ahttps://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/download/8487/3500
Seranica, C., Purwoko, A. A., & Hakim, A. (2018). Influence of Guided Inquiry Learning Model to Critical Thinking Skills. Journal of Research & Method in Education, 8(1), 28–31. https://doi.org/10.9790/7388-0801022831
Sodayang, A. N., & Lumingkewas, S. (2021). Pengaruh Inkuiri Terbimbing Berbantuan Multimedia Interaktif Terhadap Kemampuan Kognitif Siswa Pada Materi Larutan Penyangga Dan Sistem Koloid. Journal Of Chemistry Education, 3(2), 63–66. https://doi.org/10.37033/ojce.v3i2.278
Sudiartha, I. N. (2022). Penerapan model pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar fisika siswa kelas XI P MIPA2 SMA negeri 1 Ubud semester ganjil tahun 2021/2022. Indonesian Journal of Educational Development, 2, 571–579. https://doi.org/10.5281/zenodo.6203204
Sulfemi, W. B. (2018). Hubungan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Ips Di Smp Kabupaten Bogor. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2), 1–12.
Sulistiani, Suparman, & Fajrie, N. (2022). Development of Electronic Mathematics Student Worksheets Assisted by Book Creators to Support Problem-Based Learning Models to Achieve Student Problem-Solving Ability. Asian Pendidikan, 2(2), 41–51. https://journalarsvot.com/index.php/aspen/article/view/285%0Ahttps://journalarsvot.com/index.php/aspen/article/download/285/254
Sulistiyowati, Fajrie, N., & Surachmi, S. (2023). Efektivitas Media Canva terhadap Minat dan Hasil Belajar IPA Siswa. Journal on Education, 05(02), 5883–5891.
Wibowo, E. W., Kanzunnudin, M., & Fathurohman, I. (2024). The Development of Picture Books Based On Local Culture to Improve Students ’ Reading Skills. ICCCM Journal of Social Sciences and Humanities, 3(1), 74–78.
Yuliarti, Suwandi, S., Andayani, & Sumarwati. (2023). Learning Model Inquiry-Based Local Wisdom Dilemmas Stories and Their Effects on Critical Thinking and Scientific Writing Abilities. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 22(5), 538–557. https://doi.org/10.26803/ijlter.22.5.27
DOI: https://doi.org/10.24176/jpp.v7i1.12941
Article Metrics
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Prakarsa Paedagogia Status
Negara Asal Pengunjung:
Jurnal Prakarsa Paedagogia dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 International License.
Dedicated to: