Peningkatan Kinerja Tenaga Kependidikan Melalui Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Di UPTD SD Negeri 1 Paduppa

Andi Risnah
Anriani Mansyur
Besse Herlina
Besse Asriani
Erni Erni
Lukman Lukman
Asmini Asmini
Asmilasari Asmilasari
Andi Ulfah Afiah
Mulyati Mulyati
Nurcaya Nurcaya

Abstract


Gaya kepemimpinan merujuk pada cara seorang pemimpin mengarahkan, memotivasi, dan memanajemen orang-orang di bawah tanggung jawabnya. Penelitian bertujuan untuk mengetahui gaya kepemimpinan kepala sekolah yang diterapkan di UPTD SD Negeri 1 Paduppa dan bagaimana implikasi dari gaya kepemimpinan tersebut.  Penelitian ini merupakan tipe penelitian lapangan (field research) yang menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Metode ini bertujuan untuk menjelaskan aspek-aspek yang menjadi fokus dalam penelitian ini. Pencatatan sumber utama dalam penelitian ini melibatkan teknik wawancara atau pengamatan, dan merupakan hasil usaha gabungan dari kegiatan melihat, mendengar, dan bertanya dan digunakan beberapa teknik analisis data, termasuk reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa Gaya kepemimpinan Kepala Sekolah UPTD SD Negeri 1 Paduppa melibatkan kombinasi tiga pendekatan utama: visioner, demokratis, dan edukatif. Hasil wawancara menunjukkan bahwa kombinasi gaya kepemimpinan ini menciptakan lingkungan kerja inklusif, dinamis, dan mendukung pertumbuhan kolektif, dengan fokus pada pencapaian visi dan peningkatan kualitas pendidikan.

Keywords


Gaya kepemimpinan; Kepala Sekolah; Kinerja Tenaga Kependidikan

Teks Lengkap:

55-67

Referensi


Afid, A. (2020). Peran Kinerja Pendamping Lokal Desa Dalam Peningkatan Pembangunan Desa Dalaka Di Kec. Sindue Kab. Donggala. IAIN Palu.

Ali, S. N. M., Harun, C. Z., & Djailani, A. R. (2015). Gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru pada SD Negeri Lambaro Angan. Jurnal Administrasi Pendidikan: Program Pascasarjana Unsyiah, 3(2).

Amrul, A., Sida, S., & Muhajir, M. (2023). Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Kebijakan Kepala Sekolah Terhadap Kompetensi Pedagogik Guru. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 8(1), 48–60.

Arikunto, S. (2010). Metode peneltian. Jakarta: Rineka Cipta, 173.

Asmuni, A. (2016). Kepemimpinan Visioner dalam Pengembangan Lembaga Pendidikan Islam. El-Idare: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1).

Asyari, S. (2020). Supervisi Kepala Madrasah Berbasis Penilaian Kinerja sebagai Upaya Peningkatan Profesionalitas Guru. JIEMAN: Journal of Islamic Educational Management, 2(1), 27–40.

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(1), 33–54.

Gafur, A. (2020). Kepemimpinan Kepala Sekolah: Strategi Meningkatkan Etos Kerja Guru Pendidikan Agama Islam. Nizamia Learning Center.

Istiqomah, H. I. H. (2020). Analisis Kepemimpinan Visioner Dalam Mewujudkan Visi Misi Sekolah Di MIN I Bantul. Ibtida’iy: Jurnal Prodi PGMI, 5(1), 15–22.

Ma’sum, T. (2019). Persinggungan kepemimpinan transformational dengan kepemimpinan visioner dan situasional. Intizam, Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 84–106.

Merdekawaty, A., & Fatmawati, F. (2023). PERAN TENAGA KEPENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN MUTU LAYANAN DI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SAMAWA. Jurnal Kependidikan, 8(1), 82–88.

Mere, K. (2021). Dampak penugasan guru sebagai kepala sekolah/madrasah terhadap kinerja kepala sekolah. Jurnal Basicedu, 5(5), 4306–4313.

Mulyasa, H. E. (2022). Manajemen dan kepemimpinan kepala sekolah. Bumi Aksara.

Panji, A. L., Muadin, A., Sudadi, S., & Salehudin, S. (2023). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru SD Negeri 009 Penajam.

Purba, S. (2023). BAB 3 KEPEMIMPINAN DALAM PENDIDIKAN. Pengelolaan Pendidikan, 29.

Saptomi, A. (2021). Gaya Kepemimpinan Demokratis Kepala Madrasah Ibtidaiyah (Mi) Di Pondok Pesantren Raudlautul Muta’alimin Way Kanan. UIN Raden Intan Lampung.

Setiawan, F., Ubaidillah, I., Suryawan, A., Anshori, M. M., & Lutfiana, A. (2021). Kinerja dan Karakteristik Tenaga Kependidikan di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri 1 Bantul. MASALIQ, 1(3), 116–130.

Sonedi, S., Sholihah, T., & Dihasbi, D. (2018). Peran kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru: The role of principal leadership in improving teacher performance. Anterior Jurnal, 18(1), 13–22.

Sopi, A. (2020). Implementasi Manajemen Tenaga Kependidikan dalam Meningkatkan Kinerja Tata Usaha Di SMAN 1 Batusangkar.

Suwarni, S. (2011). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru Ekonomi. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Universitas Negeri Malang, 18(2), 207–215.

Suwarno, S., & Bramantyo, R. Y. (2019). Pengaruh gaya kepemimpinan terhadap kinerja organisasi. Transparansi Hukum, 2(1).

Syahputra, E., Pristiani, R. L., Siregar, T., Budiarta, K., & Hasyim, H. (2023). Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru SMA Negeri 1 Stabat. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 6(2), 156–162.

Tarhid, T. (2017). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru. Jurnal Kependidikan, 5(2), 141–155.

Umar, A. (2017). Pelaksanaan Komunikasi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Dan Tenaga Kependidikan Di Mas Ympi Sei Tualang Raso Kota Tanjung Balai. EDU-RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam Dan Keagamaan, 1(3)




DOI: https://doi.org/10.24176/jpp.v7i1.13392

Article Metrics

Abstract views : 24| 55-67 views : 10

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

real
time web analytics Jurnal Prakarsa Paedagogia Status

Negara Asal Pengunjung:

Flag Counter

Jurnal Prakarsa Paedagogia dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 International License.

Dedicated to: