Paket Pelatihan Psikodrama untuk Mengatasi Kecemasan Komunikasi Interpersonal Siswa
Abstract
Keywords
Teks Lengkap:
68-83Referensi
Agrawal, S., & Krishna, S. M. (2021). Communication apprehension and psychological well-being of students in online learning. Behavioral Sciences, 11(11). https://doi.org/10.3390/bs11110145
Aini, L. K., & Nursalim, M. (2012). Penerapan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama untuk meningkatkan kemampuan interaksi sosial siswa di lingkungan sekolah.
Anjani, A., & Lestari, S. B. (2018). Komunikasi Antar Pribadi dalam Hubungan Berpacaran yang Menimbulkan Konflik Kekerasan Psikis. Interaksi Online, 6(4), 501–513.
Arjanggi, R. (2017). Identifikasi permasalahan pengambilan keputusan karir remaja. Psikologika: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Psikologi, 22(2), 28–35.
Badriyah, S. (2020). Konseling Kelompok dengan Teknik Thought Stopping untuk Mereduksi Kecemasan Sosial Siswa. Jurnal Fokus Konseling, 6(1), 19–25.
Beatty, M. J., & Pascual‐Ferrá, P. (2015). Communication Apprehension. The International Encyclopedia of Interpersonal Communication, 1–9. https://doi.org/10.1002/9781118540190.wbeic099
Damanik, A. S. K. (2016). Psikodrama untuk menurunkan tingkat stres pada siswa akselerasi. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 3(2), 325–342.
Ernawati, I., & Setiawaty, D. (2021). Efektifitas Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Psikodrama Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas Viid Di Smp Negeri 11 Yogyakarta Tahun Ajaran 2017/2018. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 5(2), 220–225.
Fauziah, S., Karneli, Y., & Netrawati, N. (2024). Pelakasanaan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Psikodrama Untuk Menghindari Pelecehan Seksual. Counselia; Jurnal Bimbingan Konseling Pendidikan Islam, 5(1), 118–127.
Fikrah, A., Dharmayana, I. W., & Sinthia, R. (2023). Pengaruh Konseling Kelompok dengan Teknik Deep Breathing terhadap Kecemasan Komunikasi Interpersonal Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Lebong. Consilia: Jurnal Ilmiah Bimbingan Dan Konseling, 6(2), 10–18.
Gall, M. D., Gall, J. P., Borg, W. R., & Gall, M. (Mark) D. (2014). Applying educational research: How to read, do, and use research to solve problems of practice. Pearson.
Gumilang, G. S. (2016). Evaluasi Keterampilan Komunikasi Interpersonal Antara Konselor Dengan Siswa, Staf Sekolah, dan Orangtua SMKN di Kota Malang. JKI (Jurnal Konseling Indonesia), 1(2), 76–82.
Hamidi, F., & Hasanpour Khademi, F. (2022). The effect of psychodrama on social anxiety and interpersonal sensitivity of secondary school teenage girls. Knowledge & Research in Applied Psychology, 23(1), 125–136.
İlbay, A. B. (2016). The Impact of Biblio group Counseling Supported with the Story of the Little Prince upon Mindfulness. Journal of Education and Training Studies, 4(6), 58–68.
Jeong, I. J., & Kim, S. J. (2017). Effects of group counseling program based on goal attainment theory for middle school students with emotional and behavioral problems. Journal of Korean Academy of Nursing, 47(2), 199–210.
Krüger, R. T. (2024). Disorder-specific psychodrama therapy in theory and practice. Springer Nature.
Laksono, T. B. (2022). Pengaruh bimbingan kelompok dengan teknik psikodrama terhadap efikasi diri siswa kelas VIII Smp Negeri 29 Semarang. Jurnal Inovasi Pembelajaran Di Sekolah, 3(1), 137–144.
Lambie, G. W., Mullen, P. R., Swank, J. M., & Blount, A. (2018). The counseling competencies scale: Validation and refinement. Measurement and Evaluation in Counseling and Development, 51(1), 1–15.
Loureiro, M., Loureiro, N., & Silva, R. (2020). Differences of gender in oral and written communication apprehension of university students. Education Sciences, 10(12), 1–20. https://doi.org/10.3390/educsci10120379
Marcel, M. (2022). Communication Apprehension Across the Career Span. International Journal of Business Communication, 59(4), 506–530. https://doi.org/10.1177/2329488419856803
Mataputun, Y., & Saud, H. (2020). Analisis komunikasi interpersonal dan penyesuaian diri remaja. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 8(1), 32–37.
Nursalim, M., & Suradi, S. A. (2002). Layanan bimbingan dan konseling. Surabaya: Unipress.
Permatasari, D., & Sari, E. K. W. (2024). PAKET PELATIHAN SELF TALK BAGI MAHASISWA YANG MENGALAMI COMMUNICATION APPREHENSION. Atthiflah: Journal of Early Childhood Islamic Education, 11(1), 154–174.
Pires, N., Rojas, J. G., Sales, C. M. D., & Vieira, F. M. (2021). Therapeutic mask: An intervention tool for psychodrama with adolescents. Frontiers in Psychology, 11, 588877.
Risal, H. G., & Alam, F. A. (2021). Upaya Meningkatkan Hubungan Sosial Antar Teman Sebaya Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Di Sekolah. Jurnal Bimbingan Konseling Dan Psikologi, 1(1), 1–10.
Romlah, T. (2001). Teori dan praktek bimbingan kelompok. In Malang: Universitas Negeri Malang.
Sari, N. N. (2020). Pemanfaatan Teknik Psikodrama Dalam Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Peningkatan Keterbukaan Diri Siswa. Empati: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 7(2), 49–58.
DOI: https://doi.org/10.24176/jpp.v7i1.13396
Article Metrics
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Prakarsa Paedagogia Status
Negara Asal Pengunjung:
Jurnal Prakarsa Paedagogia dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 International License.
Dedicated to: