School Literacy Movement At State Elementary School In Kute Panang District, Central Aceh Regency
Abstract
Keywords
Teks Lengkap:
102-113Referensi
Ardian, R. (2017). Gerakan Literasi Sekolah Dalam Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik Di. Prosiding Seminar Nasional 20 Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang 25 November 2017, November, 188–192.
Budiharto, B., Triyono, T., & Suparman, S. 2018. Literasi sekolah sebagai upaya penciptaan masyarakat pebelajar yang berdampak pada peningkatan kualitas pendidikan. SEUNEUBOK LADA: Jurnal ilmu-ilmu Sejarah, Sosial, Budaya dan Kependidikan, 5(2), 153-166.
Dasor Yw, Mina Hm, Sennen E. ( The Role Of The Teacher In The Literacy Movement In Elementary. Literasi Pendidikan Dasar. 2021;2(2):19–25.
Fauzan Muttaqin M, Rizkiyah H. Efektifitas Budaya Literasi Dalam Meningkatkan Keterampilan 4c Siswa Sekolah Dasar. 2022;2(1):2962–746. Available From: Https://Doi.Org/10.35878/Guru/V2.I1.342.
Fauziah and Lestari. 2018. Pembudayaan gerakan literasi Informasi siswa tingkat sekolah dasar di Tanggerang Selatan Edulib, 8 (2) (2018), pp. 162-179
Frankel et al., 2016. Pearson From “What is Reading?” to what is Literacy? J. Educ., 196 (3) (2016), pp. 7-17
Fransiska, Carolina. 2013. “Peningkatan Kemampuan Menyimak Isi Cerita Dengan Menggunakan Media Audio Storytelling Terekam Di Kelas V Sdn 3 Panarung Palangka Raya”. Jurnal Pendidikan Humaniora. (Vol.1 Nomor 3). Hlm 289-287.
Hi Majo Fb, Guru Sekolah Dasar P, Keguruan Dan Sekolah Dasar F. Analysis Of Literation Movement In Students Of Sdn 1 [Internet]. Vol. 1, Biau Buol District. Ej: Education Journal. 2020. Available From: Http://Jurnal.Fkip.Untad.Ac.Id/Index.Php/Eduj.
Hidayat et al. 2018. Gerakan literasi sekolah di sekolah dasar Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3 (6) (2018), pp. 810-817 http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/1121.
Iskandarwassid Dan Danang Sunendar. 2009. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Jaiman Madu F, Jediut M, Paulus Ruteng S. Membentuk Literasi Membaca Pada Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas [Internet]. 2022;8(3). Available From: Http://Dx.Doi.Org/10.31949/Jcp.V8i2.2436
Jamaludin, P. P. 2021. Peranan Motivasi Kerja Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan Pada Pt Koza Presisi Indonesia Kota Tangerang. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, 7(2), 240-252.
Jannah M, Masfuah S, Much D, Fardani A. 2022. Gerakan Literasi Sekolah Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar.
Komalasari E, Hasan N. Analisis Budaya Literasi Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas Iii Sekolah Dasar Jaya Plus Montessori Tangerang Selatan [Internet]. Vol. 3, Pensa : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial. 2021. Available From: Https://Ejournal.Stitpn.Ac.Id/Index.Php/Pensa.
Kurniasih et al. 2017. Designing Sundanese Cultural Literacy Programs Based on National Curriculum of 2013 for Students of Elementary Schoolsin Cileunyi Sub-district, Bandung Regency, Indonesia. (2017), pp. 1735-1765
Mabruri, Zuniar Kamaluddin Dan Ferry Aristya. 2017. Peningkatan Ketrampilan Berbicara Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas Iv Melalui Penerapan Strategi Role Playing Sd Negeri Ploso 1 Pacitan, Naturalistic, Vol .1 Nomor 2. 112-117
Martha E, Sudarti Kresno. Metodologi Penelitian Kualitatif Untuk Bidang Kesehatan.; 2016.
Marmoah, S., dkk. 2022. Literacy culture management of elementary school in Indonesia. Heliyon. Volume 8, Issue 4, April 2022, e09315. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2022.e09315.
Masruhan, A. 2022. Penerapan Pembangunan Ekonomi Masyarakat Desa Perspektif Ekonomi Islam Studi Pada Desa Rempoah Kecamatan Baturraden Kabupaten Banyumas. Url: Http://Repository. Iainpurwokerto. Ac. Id/9648/2/Adib_Masruhan_Penerapan_Pembangunan_Ekonomi_Masyarakat_Desa% 5b1% 5d. Pdf.
Moje. 2008. Foregrounding the disciplines in secondary literacy teaching and learning: a call for change. J. Adolesc. Adult Literacy, 52 (2) (2008), pp. 96-107
Moleong, L. 2014. Metode Penelitian Kualitatif , Edisi Revisi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Rizka Aisyi I, Ghufron S, Thamrin Hidayat M, Widiana Rahayu D. Genta Mulia Gerakan Literasi Sekolah: Pelaksanaan, Hambatan, Dan Solusi (Studi Kasus Di Sd Ghufron Faqih Surabaya). 2020;Xi(2).
Rohman A, Negeri I, Kalijaga S. Literasi Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Di Era Disrupsi. 2022, Hal. 2(1):40–7. Available From: Http://Jurnaltarbiyah.Uinsu.Ac.Id/Index.Php/Eunoia/Index
Rohman, S. (2017). Membangun Budaya Membaca Pada Anak Melalui Program Gerakan Literasi Sekolah. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 4(1), 156–160.
Sudiati Dan Nurhidayah. 2017. Pengembangan Bahan Ajar Membaca Pemahaman Berdasarkan Stategi Plan (Predict, Locate, Add, Note) Untuk Siswa Kelas Vii. Litera, Vol. 16 Nomor 1, 114-128
Sukma Hh. Strategi Kegiatan Literasi Dalam Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Jurnal Varidika. 2021 Jul 30;33(1):11–20.
Sugiyono. 2010. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Tarigan, Henry Guntur. 2008. Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Wendelinus Dasor Y, Mina H, Sennen E. Peran Guru Dalam Gerakan Literasi Di Sekolah Dasar (The Role Of The Teacher In The Literacy Movement In Elementary Schools). Vol. 2, Jurnal Literasi Pendidikan Dasar. 2021
DOI: https://doi.org/10.24176/jpp.v7i1.13441
Article Metrics
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Prakarsa Paedagogia Status
Negara Asal Pengunjung:
Jurnal Prakarsa Paedagogia dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 International License.
Dedicated to: