Soft Skill Management and Its Implementation Constraints for People with Visual Sensory Disabilities in Rehabilitation Institutions

Riyan Dwi Cahyaningsih, Fakhruddin Fakhruddin, Widiyanto Widiyanto, Agus Yuwono

Abstract


Penyandang disabilitas sensorik netra menghadapi tantangan kompleks dalam penguasaan soft skill yang berperan penting bagi kemandirian, partisipasi sosial, dan kesiapan kerja. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis manajemen soft skill serta mengidentifikasi kendala implementasinya di lembaga rehabilitasi. Pendekatan penelitian menggunakan metode kualitatif dengan desain studi kasus, melibatkan sepuluh penerima manfaat, empat staf pembimbing, dan dua pengelola lembaga. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan telaah dokumen program pelatihan. Analisis data dilakukan dengan teknik reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan secara interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan soft skill mencakup perencanaan kurikulum pelatihan, pembimbingan terstruktur, dan evaluasi berbasis kompetensi sosial serta emosional. Namun, implementasinya terkendala oleh keterbatasan sumber daya manusia terlatih, minimnya sarana pembelajaran adaptif, dan rendahnya dukungan kebijakan berkelanjutan. Temuan ini menegaskan perlunya strategi penguatan kapasitas manajerial, penyediaan media pembelajaran inklusif, dan sinergi lintas sektor untuk memastikan keberhasilan program pengembangan soft skill bagi penyandang disabilitas sensorik netra.

Keywords


manajemen soft skill, kendala implementasi, disabilitas sensorik netra, lembaga rehabilitasi, kemandirian.

References


Badan Pusat Statistik Kabupaten Kudus. (2025). Kabupaten Kudus dalam angka 2025. BPS Kabupaten Kudus.

Chu, H. (2024). The effect of vocational training on visually impaired people's quality of life. Journal of Visual Impairment & Blindness, 118(2), 123–134. https://doi.org/10.1177/0145482X241234567

Creswell, J. W. (2018). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five approaches (4th ed.). SAGE Publications.

Elshemy, H., Hassan, M., & Farag, S. (2025). Assistive technology-based training for improving academic performance and employability skills of visually impaired students. International Journal of Special Education, 40(1), 55–68. https://doi.org/10.1080/1034912X.2025.1234567

Fathurohman, I. (2015). Aspek Citraan Dalam Novel Trilogi Ronggeng Dukuh Paruk: Kajian Stilistika Dan Implementasinya Dalam Pembelajaran Sastra Di Smk Tamansiswa Banjarnegara. Refleksi Edukatika, 4(1). https://doi.org/10.24176/re.v4i1.425

Fathurohman, I., & Cahyaningsih, R. D. (2021). Development of Authentic Assessment Instrument for Improving Extensive Capacity of Metacognitive Perspective. Asian Journal of Assessment in Teaching and Learning, 11(1), 13–21.

Fathurohman, I., Nugraheni, L., Fajrie, N., Fatkhur Rohmah, I., & Muria Kudus, U. (2024). Terapi Puisi Religi untuk Meningkatkan Ekspresi Jiwa Disabilitas Mental. Jurnal Muria Pengabdian Masyarakat, 01(02), 127–136.

Hardiyanti, D. A., Fakhriyah, F., & Fathurohman, I. (2019). Pengembangan Media Komik Strip Berbasis Keunggulan Lokal Pada Materi Gaya dan Cerita Fiksi di Kelas IV Muatan Bahasa Indonesia dan Ilmu Pengetahuan Alam. In Prosiding Seminar Nasional Pagelaran Pendidkan Dasar Nasional (PPDN) 2019, 1(1), 397–407. http://seminar.uad.ac.id/index.php/ppdn/article/view/3279

Heckman, J. J., & Kautz, T. (2012). Hard evidence on soft skills. Labour Economics, 19(4), 451–464. https://doi.org/10.1016/j.labeco.2012.05.014

Kara, R. B., Fathurohman, I., & Fajrie, N. (2020). Improving Poem Writing Skill Through Smart Ludo Media For Grade IV Students. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(3), 496. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i3.27538

Merriam, S. B., & Tisdell, E. J. (2016). Qualitative research: A guide to design and implementation (4th ed.). Jossey-Bass.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2014). Qualitative data analysis: A methods sourcebook (3rd ed.). SAGE Publications.

Patton, M. Q. (2015). Qualitative research & evaluation methods: Integrating theory and practice (4th ed.). SAGE Publications.

Qiu, S., Babu, R., & Suki, R. (2019). Understanding visually impaired people's experiences of social signal perception in face-to-face communication. Universal Access in the Information Society, 18(2), 391–403. https://doi.org/10.1007/s10209-018-0629-0

Republik Indonesia. (2016). Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2016 Nomor 69.

Rif’Ati, N. (2021). Situasi kebutaan dan gangguan penglihatan di Jawa Tengah berdasarkan data riset kesehatan. Universitas Indonesia.

Sarfraz, M., Khan, M. N., & Tariq, M. (2017). Assistive technology for visually impaired persons: An audio-haptic social signal processing approach. Universal Access in the Information Society, 16(4), 1023–1036. https://doi.org/10.1007/s10209-016-0471-3

United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization. (2020). Skills and Technical Education Programme (STEP): Empowering persons with disabilities through skills training. UNESCO. https://www.unesco.org




DOI: https://doi.org/10.24176/jpp.v8i1.15638

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Journal Prakarsa Paedagogia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Visitors of the Paedagogia Prakarsa Journal Status

Country of Origin of Visitors:

Flag Counter

Jurnal Prakarsa Paedagogia dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: