PENGARUH MODEL THINK PAIR SHARE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA TEMA PAHLAWANKU KELAS IV SD UNGGULAN MUSLIMAT NU

aulia shinta dewi
imaniar purbasari
khamdun khamdun

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis perbedaan kemampuan berpikir kritis antara siswa yang menggunakan model Think Pair Share dengan siswa yang menggunakan model konvensional. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen berupa Quasi Eksperimental Desain dengan tipe Pretest-Posttest Control Group Design. Sampel penelitian adalah siswa kelas IV SD Unggulan Muslimat NU tahun pelajaran 2018/2019 yang terdiri dari 36 siswa (kelas eksperimen) dan 35 siswa (kelas kontrol). Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes, lembar observasi serta dokumentasi. Analisis data awal meliputi uji normalitas dan uji homogenitas, sedangkan analisis   data akhir meliputi uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis penelitian menggunakan uji t. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis antara siswa yang menggunakan model Think Pair Share  dengan siswa yang menggunakan model konvensional. Hal itu ditunjukkan dengan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 88,97 dan pada kelas kontrol sebesar 75,06. Hasil uji-t menunjukkan bahwa thitung sebesar 9,828 lebih besar daripada ttabel sebesar 1,98 (9,828 bigger than 1,98). 

Teks Lengkap:

67-75

Referensi


Anggrareni, N.W., Ristiati, N.P., Widiyanti, P.M., 2013. Implementasi Strategi Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemahaman Konsep IPA Siswa SMP. e-Journal Program Pascasarjana, 3.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek.Jakarta: Aneka Cipta.

Ibrahim. 2017. Perpaduan Model Pembelajaran Aktif Konvensional (Ceramah) dengan Cooperative (Make a Match) untuk meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial, Sains, dan Humaniora, 3 (2), 199-211.

Isjoni. 2012. Pembelajaran Kooperative Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi Antar Peserta Didik. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Kuswana, Wowo Sunaryo. 2012. Taksonomi Kognitif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Masitoh., Marjono., Ariyanto,A. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X MIA Pada Materi Pemnecamaran Lingkungan di Suarakarta. Jurnal Bioedukasi, 10 (1), 171-179.

Prayitno., Sulistyawati., Wardani. 2016. Profil Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD di Kecamatan Bulak. JPDN, 1 (2), 67-74.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Slavin, Robert E. 2010. COOPERATIVE LEARNING Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Sugiyono. 2016. METODE PENELITIAN PENDIDIKAN Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susanto, Ahmad. 2016. Teori Belajar Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenada Media Group.

Trianto. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Prenada Media.

Widura., Karyanto., Ariyanto. 2015. Pengaruh Model Guided Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMA Negeri 8 Surakarta. Jurnal Bio-Pedagogi. 4 (2), 25-30.

Yuniasih, N., Ladamay, L., Wahyuningtyas, D.T. 2014. Analisis Pembelajaran Tematik Pada Kurikulum 2013 di SDN Tanjungrejo 1 Malang. Jurnal Mimbar Sekolah Dasar, 1 (2), 148-152.




DOI: https://doi.org/10.24176/jpp.v2i1.3060

Article Metrics

Abstract views : 147| 67-75 views : 120

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




real
time web analytics Jurnal Prakarsa Paedagogia Status

Negara Asal Pengunjung:

Flag Counter

Jurnal Prakarsa Paedagogia dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 International License.

Dedicated to: