Meningkatkan Kematangan Karir Melalui Layanan Informasi Media Portofolio Karir Pada Siswa

Muchammad Alsa Firmanul Hasan
Susilo Rahardjo
Edris Zamroni

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan tindakan peneliti dalam pelaksanaan layanan informasi media portofolio karier dalam meningkatkan kematangan karier pada siswa kelas XI IPS MA NU TBS Kudus. (2) Mendeksripsikan peningkatkan kematangan karier pada siswa kelas XI IPS MA NU TBS Kudus setelah pelaksanaan layanan informasi media portofolio karier. Penelitian dirancang dengan jenis penelitian tindakan bimbingan dan konseling dan dilaksanakan dalam 2 siklus kegiatan. Hasil penelitian ini menunjukkan hasil pengamatan kolaborator yang menyatakan pada siklus I peneliti memperoleh skor 23(46%) kategori (Kurang). Siklus II peneliti memperoleh skor 37 (74%) kategori (Baik). Kematangan karier pada siswa kelas XI MA NU TBS Kudus telah mengalami peningkatan. Peneliti mengamati dari hasil pengisian skala kematangan karier yang telah diisi siswa menunjukan bahwa pada pra siklus siswa memperoleh skor rerata 8,1 (32%) kategori (Sangat Kurang), pada siklus I siswa memperoleh skor 13,7 (55%) kategori (Cukup), pada siklus II siswa memperoleh skor 19,2 (77%) kategori (Baik)

Teks Lengkap:

11-21

Referensi


Alvarez, G.M. 2008. Career Maturity: A Priority for Secondary Education. Journal of Research in Educational Psychology, (6), 3. Washington, DC: American Psychological Association.

Arends, Richard. 2007. Learning to Teach; Belajar untuk Mengajar (Ed. 7 Jilid 1). Yogykarta: Pustaka Pelajar.

Arikunto, Suharsimi. Suhardjono, Supardi. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Basuki, Heru. 2006. Penelitian Kualitatif untuk Ilmu-ilmu Kemanusiaan dan Budaya. Depok: Gunadarma Press.

Budimansyah, D. 2002. Model Pembelajaran dan Penilaian. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Crites, J.O. 1981. Career Counseling: Models, Methods and Materials. Scarborough: McGraw-Hill Book Co.

Dillard, John Milton. 1985. Life Long Career Planning. Terjemahan oleh Sri Eniyati. 2011. Perencanaan Karier Sepanjang Hayat. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Gabasa, Abbi. 2016. How to Create a Wildly Effective Career Portfolio, [online], (http://www.mscareergirl.com/2015/01/30/how-to-create-a-wildly-effective-career-portfolio/, diakses pada tanggal 27 September 2018).

Gunawan, Yusuf. 2007. Pengantar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Hadi, Amirul dan Haryono. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Hurlock, Elizabeth B. 2004. Psikologi Perkembangan. Jakarta: PT. Gelora.

Konsultankarir. 2009. Mengapa Harus Membuat Portofolio Karir? [online], (https://konsultankarir.com/perspective/artikel/2009/08/12/mengapa-harus-membuat-portofolio-karir, diakses pada tanggal 10 September 2018).

Muhairina, Listya. 2011. Portfolio Juga Perlu Lho, [online], (http://binuscareer.com/Article.aspx?id=X9aRkgttXLNh0GRUW6etMTxlbtFgNXD2yyr8WJyTM8w%3D, diakses pada tanggal 11 September 2018).

Mustakini, Jogiyanto Hartono. 2008. Metodologi Penelitian Sistem Informasi. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Nazir, Muhammad. 2000. Metode Penelitian (Cetakan Ketiga). Jakarta: Ghalia Indonesia.

Nurihsan, Achmad Juntika. 2006. Strategi Layanan Bimbingan dan Konseling. Bandung: Mutiara.

Osipow, Samuel H. 1983. Theories of Career Development. New Jersey: Prentice Hall.

Patton, W. & Lokan, J. 2001. “Perspectives on Donald Super’s Construct of Career Maturity”. International Journal for Educational and Vocational Guidance, (1), 31-48.

Prayitno. 2004. Layanan Bimbingan dan Konseling. Padang: Universitas Negeri Padang.

_____. 2012. Seri Panduan Layanan dan Kegiatan Pendukung Konseling. Padang: Program Pendidikan Profesi Konselor UNP.

Purwoko, Budi. 2008. Organisasi dan Managemen Bimbingan Konseling. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya Press.

Putranto, Samuel Aditya Eko. 2016. Hubungan antara Kemandirian dengan Kematangan Karir pada Siswa Kelas XII SMK Negeri 2 Depok Sleman Yogyakarta. Skripsi tidak diterbitkan. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Rahardjo, Susilo dan Gudnanto. 2011. Pemahaman Individu Teknik Nontes. Kudus: Nora Media Enterprise.

Rahayu, Iin Tri dan Ardani, Tristiadi Ardi. 2004. Observasi dan Wawancara. Malang; Bayumedia Publishing.

Ratnaningsih, Ika Zenita., dkk. 2016. Kematangan Karier Siswa SMK Ditinjau dari Jenis Kelamin dan Jurusan. Humanitas, (13), 2. Semarang: Universitas Diponegoro.

Saifuddin, Ahmad. 2017. Meningkatkan Kematangan Karier Peserta Didik SMA dengan Pelatihan Reach Your Dreams dan Konseling Karier. Jurnal Psikologi, (44) 1. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Salahudin, Anas. 2010. Bimbingan dan Konseling. Bandung: CV Pustaka Setia.

Sanjaya, Wina. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Savickas, L. M. 2001. A Development Perspective on vocational behavior: Career Patterns, Salience and Themes. Journal for Educational and Vocational Guidance, (1) 49-57. Netherlands: Kluwer Academic Publishers.

Seligman, L. 1994. Development Career Counseling and Assessment (2nd ed.). London: SAGE.

Sharf, R. S. 2006. Applying Career Development Theory to Counseling. Belmont, CA: Thomson, Brooks/Cole.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suherman, Uman. 2009. Manajemen Bimbingan dan Konseling. Bandung: Rizki Press.

Sukardi, Dewa Ketut dan Sumiati, Desak Made. 1989. Pedoman Praktis Bimbingan Penyuluhan di Sekolah. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sukardi, Dewa Ketut. 2008. Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah (Edisi Revisi). Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sukiman. 2011. Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru Pembimbing. Yogyakarta: Paramitra Publishing.

Supriatna, Mamat. 2009. Layanan Bimbingan Karir di Sekolah Menengah. Bandung: Departemen Pendidikan Nasional Universitas Pendidikan Indonesia.

Tohirin. 2007. Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah (Berbasis Intergrasi). Jakarta: PT RajaGafindo Persada.

Usman, Husaini dan Akbar, Purnomo Setiady. 2008. Metodologi Penelitian Sosial (Edisi 2). Jakarta: Bumi Aksar.

Utaminingsih, S., Utomo, S., & Zamroni, E. (2017). Strengthening of Indonesian Islamic Character Though Islamic Education Management Based of Soft Skills. ADDIN, 11(1), 215-242.

Walgito, Bimo. 2010. Bimbingan dan Konseling Study & Karir. Yogyakarta: Andi.

Willis, Sofyan S. 2010. Konseling Individual Konseling dan Praktek. Bandung: Alfabeta.

Zamroni, E., Sugiharto, D. Y. P., & Tadjri, I. (2014). Pengembangan Multimedia Interaktif Bimbingan Karir Untuk Meningkatkan Keterampilan Membuat keputusan Karir Pada program Peminatan Siswa SMP. Jurnal Bimbingan Konseling, 3(2).

Zamroni, E. (2016). Counseling Model Based on Gusjigang Culture: Conceptual Framework of Counseling Model Based on Local Wisdoms in Kudus. GUIDENA: Jurnal Ilmu Pendidikan, Psikologi, Bimbingan dan Konseling, 6(2), 116-125.

Zamroni, E. (2016). Urgensi career decision making skills dalam penentuan arah peminatan peserta didik. Jurnal Konseling Gusjigang, 2(2).

Zamroni, E. (2016). Self Resilience Pada Konselor: Konstruksi Konselor Tahan Uji Sebagai Pribadi Efektif Dalam Melayani Konseli. G-COUNS Jurnal Bimbingan dan Konseling, 1(1).




DOI: https://doi.org/10.24176/jpp.v2i1.4311

Article Metrics

Abstract views : 622| 11-21 views : 2062

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




real
time web analytics Jurnal Prakarsa Paedagogia Status

Negara Asal Pengunjung:

Flag Counter

Jurnal Prakarsa Paedagogia dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 International License.

Dedicated to: