Penerapan Konseling Behavioristik Teknik Operant Conditioning untuk Mengatasi Prokrastinasi Siswa
Abstract
Teks Lengkap:
116-123Referensi
Adrianta, Edwin dan Tjundjing, Sia. 2007. Mahasiswa Versus Tugas: Prokrastinasi Akademik dan Conscientiousness. Indonesian Psychological Journal, 22 (4), 352-374.
Aini, Noor Aliya dan Mahardayani, Iranita Hervi. 2011. Hubungan Antara Kontrol Diri dengan Prokrastinasi Dalam Menyelesaikan Skripsi Pada Mahasiswa Universitas Muria Kudus. Jurnal Psikologi Pitutur, 1 (2), 65-67.
Alwisol. 2011. Psikologi Kepribadian. Malang: UMM Press.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Corey, Gerald. 2013. Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi. Terjemah E. Koswara. Bandung: PT Refika Aditama.
Delphi, Bandi. 2009. Layanan Perilaku Anak Hiperaktif. Klaten: PT Intan Sejati Klaten
Ghufron, M. Nur dan Risnawita S, Rini. 2012. Teori-teori Psikologi. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Gibson, Robert L dan Marianne H. Mitchell. 2011. Bimbingan dan Konseling. Terjemah Yudi Santoso. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Hadi, Sutrisno. 2002. Metodologi Research Jilid I. Yogyakarta: Andi Offset.
Hartono dan Soedarmadji, Boy. 2012. Psikologi Konseling. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Herdiansyah, Haris. 2012. Metode Penelitian Kualitatif untuk Ilmu-ilmu Sosial. Jakarta: Salemba Humanika
Huda, Muh Nur. 2015. Penerapan Konseling Behavioristik dengan Teknik Operant Conditioning dalam Mengatasi Perilaku Hiperaktif Siswa Kelas XI IPS SMA PGRI 2 Kayen Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi tidak diterbitkan. Kudus: Universitas Muria Kudus
Husetiya, Yemima. 2010. Hubungan Asertivitas dengan Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Dipenogoro, [online], (http://eprints.undip.ac.id/24780/1/jurnal1_mima.pdf, diakses tanggal 30 November 2017).
Kartadinata, Iven dan Tjundjing, Sia. 2008. I Love You Tomorrow Prokrastinasi Akademik dan Manajemen Waktu. Psycholgical Journal, 23 (2), 109-119.
Komalasari, Gantina. Wahyuni, Eka. Dan Karsih. 2016. Teori dan Teknik Konseling. Jakarta: PT Indeks.
Laksmi, Sulastri, dan Sedayanayas. 2014. Penerapan Konseling Behavioral dengan Teknik Operant Conditioning untuk Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Kelas XI IPB SMA Bhaktiyasa Singaraja Tahun Pelajaran 2013/2014. e-jurnal Undiksa Jurusan Bimbingan Konseling, 2 (1), 1-10.
Latipun. 2015. Psikologi Konseling. Malang: UPT Penerbitan Universitas Muhammadiyah Malang
Lesmana, Jeanette Murad. 2008. Dasar-dasar Konseling. Jakarta: UI Press
Notoatmodjo, Soekidjo. 2005. Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: PT Rineka Cipta
Novitasari, Dwi. 2017. Penerapan Konseling Behavioristik dengan Teknik Operant Conditioning dalam Mengatasi Perilaku Agresif Siswa kelas VIII E SMP 5 Kudus Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi tidak diterbitkan. Kudus: Universitas Muria Kudus.
Olson, Matthew H dan Hergenhanh, B.R. 2013. Pengantar Teori Kepribadian Edisi ke-8. Terjemah Yudi Santoro. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Prayitno. 2012. Jenis Layanan dan Kegiatan Pendukung Konseling. Padang: FIP UM Padang.
Purwoko, Budi. dan Pratiwi, Titin Indah. 2007. Pemahaman Individu Teknik Non Tes. Unesa University Press.
Rahardjo, Susilo dan Gudnanto. 2013. Pemahaman Individu Teknik Non tes. Kudus: Nora Media Enterprise.
Ratri, Sekar dan Fatma, Anne. 2013. Hubungan Antara Distress dan Dukungan Sosial dengan Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa dalam Menyusun Skripsi. Talenta Psikologi, 2 (2), 159-180.
Sudrajat, Akhmad. 2007. Mengatasi Masalah Siswa Melalui Layanan Konseling Individual.Yogyakarta: Paramita Publishing.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suryabrata, Sumadi. 2004. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafido Persada
Sutriyah. 2012. Pengaruh Metode Pemberian Tugas dengan Guru terhadap Kompetensi Menjahit Blazer Siswa Kelas XI SMKN 4 Yogyakarta. Disertasi tidak diterbitkan. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Teknik Busana.
Tim Pengembang Ilmu Pendidikan FIP-UPI. 2007. Ilmu dan Aplikasi Pendidikan. Jakarta: PT Imperial Bhakti Utama.
Utaminingsih, S., Utomo, S., & Zamroni, E. (2017). Strengthening of Indonesian Islamic Character Though Islamic Education Management Based of Soft Skills. Addin, 11(1), 215-242.
Wakhidah, Nor. 2017. Upaya Meningkatkan Perilaku Anti Prokrastinasi Akademik Melalui Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Self Management Pada Siswa kelas XI IPS 2 SMA 1 Gebog. Skripsi tidak diterbitkan . Kudus: Universitas Muria Kudus.
Walgito, Bimo. 2005. Bimbingan dan Konseling (Studi Karir). Andi Yogyakarta
Zakiyah, Naili. Hidayati, Frieda Nuzulia R. dan Setyawan, Imam. 2010. Hubungan Antara Penyesuain Diri Dengan Prokrastinasi Akademik Siswa Sekolah Berasrama SMP N 3 Peterongan Jombang. Jurnal Psikologi Undip, 8 (2), 156-167.
Zamroni, E. (2016). Counseling Model Based on Gusjigang Culture: Conceptual Framework of Counseling Model Based on Local Wisdoms in Kudus. GUIDENA: Jurnal Ilmu Pendidikan, Psikologi, Bimbingan dan Konseling, 6(2), 116-125.
Zamroni, E. (2016). Self Resilience Pada Konselor: Konstruksi Konselor Tahan Uji Sebagai Pribadi Efektif Dalam Melayani Konseli. G-COUNS Jurnal Bimbingan dan Konseling, 1(1).
DOI: https://doi.org/10.24176/jpp.v2i2.4502
Article Metrics
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Jurnal Prakarsa Paedagogia Status
Negara Asal Pengunjung:
Jurnal Prakarsa Paedagogia dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 International License.
Dedicated to: