Penerapan Konseling Behavioristik Teknik Operant Conditioning untuk Mengatasi Prokrastinasi Siswa

Ulfa Aulia Nurzulian
Susilo Rahardjo
Edris Zamroni

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah: 1. Untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan prokrastinasi siswa kelas XI IPS 2 SMA 2 Kudus tahun ajaran 2017/2018, 2. Untuk mengatasi prokrastinasi siswa kelas XI IPS 2 SMA 2 Kudus tahun ajaran 2017/2018. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang dirancang dalam bentuk studi kasus. Subjek yang diteliti yaitu AAP, AJR, dan SDP siswa kelas XI IPS 2 SMA 2 Kudus tahun ajaran 2017/2018 yang mengalami prokrastinasi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah: 1) Wawancara, 2) Observasi, 3) Dokumentasi. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah induktif. Adapun cara menganalisis data dalam penelitian ini dilakukan secara sistematis mulai dari proses pengumpulan data, mengklarifikasi, mengdeskripsikan, dan menginterpretasikan masing-masing bagian. Dengan menggunakan konseling behavioristik teknik operant conditioning dapat menghasilkan perubahan tingkah laku pada klien untuk mampu memulai mengerjakan tugas, mampu menyelesaikan tugas yang telah dikerjakan, cepat dalam mengerjakan tugas, mengumpulkan tugas tepat waktu, dan mendahulukan mengerjakan tugas  daripada melakukan aktifitas lain.

Teks Lengkap:

116-123

Referensi


Adrianta, Edwin dan Tjundjing, Sia. 2007. Mahasiswa Versus Tugas: Prokrastinasi Akademik dan Conscientiousness. Indonesian Psychological Journal, 22 (4), 352-374.

Aini, Noor Aliya dan Mahardayani, Iranita Hervi. 2011. Hubungan Antara Kontrol Diri dengan Prokrastinasi Dalam Menyelesaikan Skripsi Pada Mahasiswa Universitas Muria Kudus. Jurnal Psikologi Pitutur, 1 (2), 65-67.

Alwisol. 2011. Psikologi Kepribadian. Malang: UMM Press.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Corey, Gerald. 2013. Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi. Terjemah E. Koswara. Bandung: PT Refika Aditama.

Delphi, Bandi. 2009. Layanan Perilaku Anak Hiperaktif. Klaten: PT Intan Sejati Klaten

Ghufron, M. Nur dan Risnawita S, Rini. 2012. Teori-teori Psikologi. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Gibson, Robert L dan Marianne H. Mitchell. 2011. Bimbingan dan Konseling. Terjemah Yudi Santoso. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hadi, Sutrisno. 2002. Metodologi Research Jilid I. Yogyakarta: Andi Offset.

Hartono dan Soedarmadji, Boy. 2012. Psikologi Konseling. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Herdiansyah, Haris. 2012. Metode Penelitian Kualitatif untuk Ilmu-ilmu Sosial. Jakarta: Salemba Humanika

Huda, Muh Nur. 2015. Penerapan Konseling Behavioristik dengan Teknik Operant Conditioning dalam Mengatasi Perilaku Hiperaktif Siswa Kelas XI IPS SMA PGRI 2 Kayen Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi tidak diterbitkan. Kudus: Universitas Muria Kudus

Husetiya, Yemima. 2010. Hubungan Asertivitas dengan Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Dipenogoro, [online], (http://eprints.undip.ac.id/24780/1/jurnal1_mima.pdf, diakses tanggal 30 November 2017).

Kartadinata, Iven dan Tjundjing, Sia. 2008. I Love You Tomorrow Prokrastinasi Akademik dan Manajemen Waktu. Psycholgical Journal, 23 (2), 109-119.

Komalasari, Gantina. Wahyuni, Eka. Dan Karsih. 2016. Teori dan Teknik Konseling. Jakarta: PT Indeks.

Laksmi, Sulastri, dan Sedayanayas. 2014. Penerapan Konseling Behavioral dengan Teknik Operant Conditioning untuk Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Kelas XI IPB SMA Bhaktiyasa Singaraja Tahun Pelajaran 2013/2014. e-jurnal Undiksa Jurusan Bimbingan Konseling, 2 (1), 1-10.

Latipun. 2015. Psikologi Konseling. Malang: UPT Penerbitan Universitas Muhammadiyah Malang

Lesmana, Jeanette Murad. 2008. Dasar-dasar Konseling. Jakarta: UI Press

Notoatmodjo, Soekidjo. 2005. Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: PT Rineka Cipta

Novitasari, Dwi. 2017. Penerapan Konseling Behavioristik dengan Teknik Operant Conditioning dalam Mengatasi Perilaku Agresif Siswa kelas VIII E SMP 5 Kudus Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi tidak diterbitkan. Kudus: Universitas Muria Kudus.

Olson, Matthew H dan Hergenhanh, B.R. 2013. Pengantar Teori Kepribadian Edisi ke-8. Terjemah Yudi Santoro. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Prayitno. 2012. Jenis Layanan dan Kegiatan Pendukung Konseling. Padang: FIP UM Padang.

Purwoko, Budi. dan Pratiwi, Titin Indah. 2007. Pemahaman Individu Teknik Non Tes. Unesa University Press.

Rahardjo, Susilo dan Gudnanto. 2013. Pemahaman Individu Teknik Non tes. Kudus: Nora Media Enterprise.

Ratri, Sekar dan Fatma, Anne. 2013. Hubungan Antara Distress dan Dukungan Sosial dengan Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa dalam Menyusun Skripsi. Talenta Psikologi, 2 (2), 159-180.

Sudrajat, Akhmad. 2007. Mengatasi Masalah Siswa Melalui Layanan Konseling Individual.Yogyakarta: Paramita Publishing.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryabrata, Sumadi. 2004. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafido Persada

Sutriyah. 2012. Pengaruh Metode Pemberian Tugas dengan Guru terhadap Kompetensi Menjahit Blazer Siswa Kelas XI SMKN 4 Yogyakarta. Disertasi tidak diterbitkan. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Teknik Busana.

Tim Pengembang Ilmu Pendidikan FIP-UPI. 2007. Ilmu dan Aplikasi Pendidikan. Jakarta: PT Imperial Bhakti Utama.

Utaminingsih, S., Utomo, S., & Zamroni, E. (2017). Strengthening of Indonesian Islamic Character Though Islamic Education Management Based of Soft Skills. Addin, 11(1), 215-242.

Wakhidah, Nor. 2017. Upaya Meningkatkan Perilaku Anti Prokrastinasi Akademik Melalui Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Self Management Pada Siswa kelas XI IPS 2 SMA 1 Gebog. Skripsi tidak diterbitkan . Kudus: Universitas Muria Kudus.

Walgito, Bimo. 2005. Bimbingan dan Konseling (Studi Karir). Andi Yogyakarta

Zakiyah, Naili. Hidayati, Frieda Nuzulia R. dan Setyawan, Imam. 2010. Hubungan Antara Penyesuain Diri Dengan Prokrastinasi Akademik Siswa Sekolah Berasrama SMP N 3 Peterongan Jombang. Jurnal Psikologi Undip, 8 (2), 156-167.

Zamroni, E. (2016). Counseling Model Based on Gusjigang Culture: Conceptual Framework of Counseling Model Based on Local Wisdoms in Kudus. GUIDENA: Jurnal Ilmu Pendidikan, Psikologi, Bimbingan dan Konseling, 6(2), 116-125.

Zamroni, E. (2016). Self Resilience Pada Konselor: Konstruksi Konselor Tahan Uji Sebagai Pribadi Efektif Dalam Melayani Konseli. G-COUNS Jurnal Bimbingan dan Konseling, 1(1).




DOI: https://doi.org/10.24176/jpp.v2i2.4502

Article Metrics

Abstract views : 1002| 116-123 views : 1993

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




real
time web analytics Jurnal Prakarsa Paedagogia Status

Negara Asal Pengunjung:

Flag Counter

Jurnal Prakarsa Paedagogia dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 International License.

Dedicated to: