Peningkatan Kepekaan Sosial Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Home Room Pada Siswa

Novi Putri Pertiwi
Sumarwiyah Sumarwiyah
Richma Hidayati

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah: 1. Mendeskripsikan Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Home Room untuk Meningkatkan Kepekaan Sosial Siswa Kelas XI IPS 2 SMA N 2 Kudus, 2. Kepekaan sosial dapat ditingkatkan melalui layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Home Room Pada Siswa  Kelas XI IPS 2 SMA N 2 Kudus. Jenis penelitian yang digunakan adalah PTBK dengan tahap: 1. Perencanaan, 2. Pelaksanaan, 3. Pengamatan, 4. Refleksi yang dilakukan dalam dua siklus penelitian, setiap siklus dilakukan tiga kali pertemuan. Subjek yang diteliti adalah siswa kelas XI IPS 2 SMA N 2 Kudus, sebanyak 10 siswa yang mempunyai kekurangan dalam sikap kepekaan sosial. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif deskriptif. Hasil penelitian peneliti menguraikan pada pra siklus anggota kelompok mendapatkan skor 185 dengan rata-rata 18,5 (37%) kategori rendah. Pada siklus I pertemuan ketiga mendapat skor 276 dengan rata-rata 27,6 (55,0%) dalam kategori cukup. Pada siklus II pertemuan ketiga mendapatkan skor 394 dengan rata-rata 39,4 (78,8%) kategori tinggi.

Teks Lengkap:

124-132

Referensi


Abu Ahmadi & Ahmad Rohani. 1991. Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Arikunto, S. 2008. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Akitunto, S. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi, Suhardjono, dan Supardi. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Pranteik. Jakarta: Rineka Cipta.

Budiningsih, Asri. 2004. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Rineka Cipta.

Davis M. H. Measuring Individu Differences in Empaty: Evidence for a Multidimentional Approach. Jurnal of Personality and Sosial Phsycology. Vol 144, No. 1, hal 126-133.

Elfindri dkk. 2012. Pendidikan Karakter. Jakarta: Baduose Media.

Elfindri, dkk. 2011. Soft Skill untuk Pendidikan. Jakarta: Baduose Media.

Goleman, Daniel. 1997. Emotional Intelligence (Kecerdasan Emosional): Mengapa EI Lebih Penting daripada IQ. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Hariyanto, Suryono. 2011. Belajar dan Pembelajaran Teori dan Konsep Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Masitoh, dkk. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka. 2004.

Mu’in, Fatchul. 2011. Pendidikan Karakter, Konstruksi Teoretik dan Praktik. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Mustari, Mohamad. 2011. Nilai Karakter. Yogyakarta: Laks Bang PRESSindo.

Nursalim, M dan Suradi. 2002. Layanan Bimbingan dan Konseling. Unesa University Press.

Nursalim, Mohammad. 2002. Layanan Bimbingan dan Konseling. Surabaya: Unesa University Press.

Prayitno & Amti, Erman. 2004. Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.

Prayitno. 2004. Layanan Bimbingan Kelompok. Padang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang.

Prayitno. 2012. Jenis Layanan dan Kegiatan Pendukung Konseling. Padang: Universitas Negeri Padang.

Rahardjo, Susilo dan Gudnanto. 2011. Pemahaman Individu teknik Non Tes. Kudus: Nora Media Enterprise.

Rahardjo, Susilo. 2004. Bahan Ajar Bimbingan dan Konseling Kelompok. Kudus: progdi BK FKIP Universitas Muria Kudus.

Riduwan. 2004. Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Cetakan kedua. Alfabeta. Bandung.

Romlah, Tatiek. 2001. Teknik dan praktek Bimbingan Kelompok. Malang: Universitas Negeri Malang.

Romlah, Tatiek. 2006. Teori dan Praktek Bimbingan Kelompok. Malang: Universitas Negeri Malang.

Samani, Muchlas & Hariyanto. 2011. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Samani, Muchlas & Hariyanto. 2012. Pendidikan Karakter; Konsep dan Model. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Samani, Muchlas, Hariyanto. 2012. Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sapriya, Pendidikan IPS. Bandung: Rosda, 2009.

Sarwono dan Meinarno. Psikologi Sosial. Jakarta: Salemba humanika, 2009.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R & D. Bandung: CV Alfabeta.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatis. Bandung: CV. Alfabeta.

Sukardi, Dewa Ketut. 2000. Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Sukardi, Dewa Ketut. 2008. Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Sukiman. 2011. Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru Pembimbing. Yogyakarta: Paramitra Publishing.

Tohirin. 2007. Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan madrasah (Berbasis Integrasi). Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Tohirin. 2011. Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah (Berbasis Integrasi). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Tondok, Marselius Sampe. 2012. Melatih Kepekaan Sosial Anak. Harian Surabaya post. Tanggal 2 September 2012.

Utaminingsih, S., Utomo, S., & Zamroni, E. (2017). Strengthening of Indonesian Islamic Character Though Islamic Education Management Based of Soft Skills. Addin, 11(1), 215-242.

Wakhidah, Nor. 2017. Upaya Meningkatkan Perilaku Anti Prokrastinasi Akademik Melalui Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Self Management Pada Siswa kelas XI IPS 2 SMA 1 Gebog. Skripsi tidak diterbitkan . Kudus: Universitas Muria Kudus.

Walgito, Bimo. 2005. Bimbingan dan Konseling (Studi Karir). Andi Yogyakarta

Wijayanto. 2015. http://id.shvoong.com/social-sciences/education/2325456-strategi-dan-teknik-layananbimbingan/#ixzz2BdodvGTw.

Winkel, W. S. dan Sri Hastuti. 2006. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abad.

Zakiyah, Naili. Hidayati, Frieda Nuzulia R. dan Setyawan, Imam. 2010. Hubungan Antara Penyesuain Diri Dengan Prokrastinasi Akademik Siswa Sekolah Berasrama SMP N 3 Peterongan Jombang. Jurnal Psikologi Undip, 8 (2), 156-167.

Zamroni, E. (2016). Counseling Model Based on Gusjigang Culture: Conceptual Framework of Counseling Model Based on Local Wisdoms in Kudus. GUIDENA: Jurnal Ilmu Pendidikan, Psikologi, Bimbingan dan Konseling, 6(2), 116-125.

Zamroni, E. (2016). Self Resilience Pada Konselor: Konstruksi Konselor Tahan Uji Sebagai Pribadi Efektif Dalam Melayani Konseli. G-COUNS Jurnal Bimbingan dan Konseling, 1(1).




DOI: https://doi.org/10.24176/jpp.v2i2.4503

Article Metrics

Abstract views : 905| 124-132 views : 2098

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




real
time web analytics Jurnal Prakarsa Paedagogia Status

Negara Asal Pengunjung:

Flag Counter

Jurnal Prakarsa Paedagogia dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 International License.

Dedicated to: