Layanan Informasi Melalui Media Animasi Untuk Meningkatkan Kematangan Karir Peserta Didik

Nazulla Niftyra Nindya
Arista Kiswantoro
Richma Hidayati

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah: 1. Mendeskripsikan pelaksanaan layanan informasi media animasi untuk meningkatkan kematangan karir peserta didik kelas XII MIPA 3 SMA Negeri 1 Karanganyar Demak Tahun Pelajaran 2018/2019, 2. Mendeskripsikan kematangan karir peserta didik kelas XII MIPA 3 SMA Negeri 1 Karanganyar Demak Tahun Pelajaran 2018/2019 setelah diberikan layanan informasi melalui media animasi. Mengetahui efektifitas Layanan Informasi Melalui Media Animasi Untuk Meningkatkan Kematangan Karir Peserta Didik kelas XII MIPA 3 SMA Negeri 1 Karanganyar Demak Tahun Pelajaran 2018/2019. Hasil penelitian kematangan karir peserta didik pada pra siklus memperoleh persentase 45,5% dalam kategori tidak sesuai. Pada siklus I menjadi rata-rata persentase 60%. Dengan kategori ragu-ragu dan mengalami peningkatan siklus II memperoleh rata-rata persentase 90% dalam kategori sesuai. Dengan demikian layanan informasi media animasi meningkatkan kematangan karir peserta didik. Simpulan hasil penelitian ini adalah Terjadi Peningkatan pada Kematangan Karir setelah diberi Layanan Informasi Melalui Media Animasi Untuk Meningkatkan Kematangan Karir Peserta didik Kelas XII MIPA 3 SMA Negeri 1 karanganyar Demak dapat diterim, hal ini terbukti kematangan karir siswa mengalami peningkatan sebesar 30% dari siklus I ke siklus II.

Teks Lengkap:

133-140

Referensi


Ali dan Asrori. 2015. Psikologoi Remaja. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. 2008. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Hartono. 2016. Bimbingan Karier. Jakarta: Prenadamedia Group.

Hasyim, Farid & Mulyono. 2010. Bimbingan & Konseling Religius. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Hidayati, Richma. 2015. Layanan Informasi Karir Membantu Peserta Didik Dalam Meningkatkan Pemahaman Karir. Jurnal Konseling Gusjigang, 1 (1), 3-4.

Juwitaningrum, Ita. 2013. Program Bimbingan Karir untuk Meningkatkan Kematangan Karir Siswa SMK. Jurnal Bimbingan dan Konseling “PSIKOPEDAGOGIA”,2 (2), 145.

Mahmud. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia.

Mugiarso, Heru. 2011. Bimbingan & Konseling. Semarang: UPT UNNES Press

Munandir. 2001. Ensiklopedia Pendidikan. Malang: UM Press.

Pengertian, Prinsip- Prinsip dan Perbedaan Animasi. [Online]. (http://dinus.ac.id/respository/docs/ajar/materi1animasi.pdf) Diakses Pada Tanggal 30 September 2018.

Prayitno & Erman Amti. 2004. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.

----------, dkk. 2015. Pembelajaran Melalui Pelayanan BK Disatuan Pendidikan. Yogyakarta: Paramita Publishing.

----------. 2012. Jenis Layanan dan Kegiatan Pendukung Konseling. Fakultas Pendidikan Universitas Negeri Padang.

Purwoko, Budi. 2008. Organisasi dan Managemen bimbingan Konseling. Surabaya: Unesa University Press.

Purworahayu Dwi. 2018. Hubungan Antara Kepercayaan Diri dengan Kematangan Karir Pada Siswa SMA Negeri 1 Kemangkon Di Kabupaten Purbalingga. Jurnal Empati, 7 (2), 328.

Rahardjo, Susilo dan Gudnanto. 2013. Pemahaman Individu Teknik Non Tes. Kudus. Nora Media Enterprise.

Sari, Silviana Kartika. 2014. Pengaruh Layanan bimbingan Karir dan Locus of Control Terhadap Kematangan Karir Pada Mahasiswa Program Studi D III Kebidanan STIKES PKU Muhammadiyah Surakarta. Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Sawitri dan Herin. 2017. Dukungan Orang Tua dan Kematangan Karir Pada Siswa SMK Program Keahlian Tata Boga. Jurnal Empati, 6 (1) 304.

Septiani, Dina Nifi’. 2018. Meningkatkan Pemantapan Perencanaan Karier Melalui Layanan Informasi Media Mind Map Pada Siswa Kelas XI Gambar Bangunan SMK Negeri 2 Pati. Univertitas Muria Kudus.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

-----------. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

-----------. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukiman. 2000. Bimbingan & Konseling Karier. Kudus: FKIP Universitas Muria Kudus

Sumarwiyah, S., & Zamroni, E. (2017). Pemanfaatan Tekonologi Informasi (TI) Dalam Layanan Bimbingan Dan Konseling Sebagai Representasi Berkembangnya Budaya Profesional Konselor Dalam Melayani Siswa. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Ar-Rahman, 2(1).

Supriatna, Mamat & Nandang Budiman. 2009. Bimbingan Karier di SMK. Bandung: UPI Press.

Tadjiri, Imam. 2014. Penelitian Tindakan Bimbingan Dan Konseling. Semarang: CV. Swadaya Manunggal.

Toyibin. 2013. Blog Wong Matematika: Arah Pilih Karir. [Online], (http://casingmultimedia.blogspot.com/2013/11/arah-pilih-karir.html), Diakses Pada Tanggal 20 September 2018.

Wijaya, Fitria. 2016. Hubungan Antara Kematangan Karir dengan Motivasi Belajar pada Siswa Kelas X MAN Cibinong. 5.

Zenita, Ika. Kematangan Karier Siswa SMK Ditinjau dari Jenis Kelamin Dan Jurusan. Humanitas, 13 (2), 144.

Zulkaida dan Taganing. Pengaruh Locus of Control Dan Efikasi Diri Terhadap Kematangan Karir Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA). Proceeding PESAT Auditorium Kampus Gunadarma, (2), 2.

Zamroni, E. (2016). Counseling Model Based on Gusjigang Culture: Conceptual Framework of Counseling Model Based on Local Wisdoms in Kudus. GUIDENA: Jurnal Ilmu Pendidikan, Psikologi, Bimbingan dan Konseling, 6(2), 116-125.

Zamroni, E. (2016). Self Resilience Pada Konselor: Konstruksi Konselor Tahan Uji Sebagai Pribadi Efektif Dalam Melayani Konseli. G-COUNS Jurnal Bimbingan dan Konseling, 1(1).

Zamroni, E. (2016). Urgensi career decision making skills dalam penentuan arah peminatan peserta didik. Jurnal Konseling Gusjigang, 2(2).

Zamroni, E., Sugiharto, D. Y. P., & Tadjri, I. (2014). Pengembangan Multimedia Interaktif Bimbingan Karir Untuk Meningkatkan Keterampilan Membuat keputusan Karir Pada program Peminatan Siswa SMP. Jurnal Bimbingan Konseling, 3(2).




DOI: https://doi.org/10.24176/jpp.v2i2.4504

Article Metrics

Abstract views : 1560| 133-140 views : 1603

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




real
time web analytics Jurnal Prakarsa Paedagogia Status

Negara Asal Pengunjung:

Flag Counter

Jurnal Prakarsa Paedagogia dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 International License.

Dedicated to: