Mengatasi Dampak Negatif Introvert Melalui Konseling Behavioristik Teknik Desensitisasi Sistematis Pada Siswa

Dewi Syafitri
Susilo Rahardjo
Edris Zamroni

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan siswa di SMAN 2 Demak mengalami dampak negatif introvert. 2) Untuk mengatasi dampak negatif introvert dengan layanan konseling pada pendekatan konseling behavioristik teknik desensitisasi sistematis pada siswa di SMAN 2 Demak. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang dirancang dalam bentuk studi kasus. Subjek yang diteliti yaitu YB, DKS, dan SDRU siswa introvert kelas XI SMAN 2 Demak tahun ajaran 2018/2019. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah: 1) Wawancara, 2) Observasi, 3) Dokumentasi. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah induktif. Adapun cara menganalisis data dalam penelitian ini dilakukan secara sistematis mulai dari proses pengumpulan data, mengklarifikasi, dan mendiskripsikan masing-masing bagian. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penyebab dampak negatif introvert adalah rasa khawatir yang berlebih, pesimis dan tidak percaya diri, takut berpendapat dan tidak berani tampil di depan umum. Untuk membantu individu dalam mengatasi dampak negatif introvert maka diberikan konseling behavioristik teknik desensitisasi sistematis. Dengan menggunakan konseling behavioristik teknik desensitisasi sistematis dapat menghasilkan perubahan tingkah laku pada klien untuk mampu memulai berani berpendapat, lebih percaya diri, optimis dan berani maju di depan umum.

Teks Lengkap:

141-150

Referensi


Abdillah, Firyus. 2012. Hubungan Tipe Kepribadian Introvert dan Ekstrovert Dengan Motivasi Berprestasi pada Atlet Pencak Silat di Perguruan Pencak Silat Yayasan Darut Taqwa Pasuruan. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: UIN Maulana Malik Ibrahim.

Alwisol. 2011. Psikologi Kepribadian. Malang: UMM Press.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Corey, Gerald. 2013. Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi. Terjemah E. Koswara. Bandung: PT Refika Aditama.

Effendi, Kusno. 2016. Proses dan Keterampilan Konseling. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Erford, Bradley T. 2017. 40 Teknik yang Harus Diketahui Setiap Konselor. Terjemah Helly P. Soetjipto. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Fauzan, Lutfi. 1994. Pendekatan-Pendekatan Konseling Individual. Malang: Elang Mas

Febriawati, Munawwaroh Licha. 2016. Penerapan Terapi Behavioral dengan Teknik Desensitisasi Sistematik dalam Mereduksi Kecemasan Siswa Kelas XI- IPA 1 Pada Saat Pelajaran Kimia di SMAN 1 Kokop Bangkalan. Skripsi tidak diterbitkan. Surabaya: UIN Sunan Ampel Surabaya.

Firosad, Ahmad Masrur. 2016. Teknik Desesnsitisasi Sistematis untuk Mengurangi Fobia Siswa. http://ejurnal.unp.ac.id/index.php/konselor, 5 (2) 100.

Ghufron, M. Nur dan Risnawita S, Rini. 2012. Teori-teori Psikologi. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Gibson, Robert L dan Marianne H. Mitchell. 2011. Bimbingan dan Konseling. Terjemah Yudi Santoso. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hadi, Sutrisno. 2002. Metodologi Research Jilid I. Yogyakarta: Andi Offset.

Hall, Calvin. S dan Gardner Lindzey. 1993. Teori- Teori Psikodinamik (klinis). Terjemah Yustinus. Yogyakarta: Kanisus.

Izza, Fitroh Iffatul. 2014. Penerapan Konseling Behavioristik Teknik Desensitisasi Sistematik untuk Mengatasi Fobia Sosial pada Peserta Didik Kelas X Unggulan MA NU Banat Kudus. Skripsi tidak diterbitkan. Kudus: Universitas Muria Kudus.

Komalasari, Gantina. Wahyuni, Eka. dan Karsih. 2014. Teori dan Teknik Konseling. Jakarta: PT Indeks.

Latipun. 2015. Psikologi Konseling. Malang: UPT Penerbitan Universitas Muhammadiyah Malang

Mappiare, Andi. 2006. Kamus Istilah Konseling dan Terapi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Margono, S. 2007. Metologi Penelitian Pendidikan Komponen MKDK. Jakarta: PT Rineka Cipta

Melinda, Grita Ratriana. 2017. Kontrol Emosi pada Mahasiswa yang Memiliki Tipe Kepribadian Introvert di Yogyakarta. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan dan Konseling, 3 (7) 280.

Moleong, Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Nuqul, Fathul Lubabin. 2004. Hubungan antara Tipe Kepribadian dengan Sikap Percaya terhadap Paranormal. Laporan Penelitian tidak diterbitkan. Malang: UIN Maulana Malik Ibrahim.

Nurzuliyan, Ulfa Auliya. 2018. Penerapan Konseling Behavioristik Teknik Operant Conditioning untuk Mengatasi Prokrastinasi Akademik Pada Siswa Kelas XI IPS 2 SMA 2 Kudus Tahun Ajaran 2017/2018. Skripsi tidak diterbitkan. Kudus: Universitas Muria Kudus.

Olson, Matthew H dan Hergenhanh, B.R. 2013. Pengantar Teori Kepribadian Edisi ke-8. Terjemah Yudi Santoro. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Pradana, Luqman Basith. 2017. Implementasi Konseling Individu dalam Mengatasi Problem Penyesuaian Diri Siswa Introvert di MAN 2 Sleman Yogyakarta. Skripsi tidak diterbitkan. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga.

Pratama, Bayu Y. 2010. Introvert dan Ekstrovert, [online], (https://www.academia.edu/13149609/Introvert_and_Ekstrovert, diakses tanggal 14 November 2018)

Purnamasari, Lilis Ratna. 2012. Teknik-teknik Konseling. Semarang: Universitas Negeri Semarang

Purwoko, Budi. dan Pratiwi, Titin Indah. 2007. Pemahaman Individu Teknik Non Tes. Unesa University Press.

Rahardjo, Susilo dan Gudnanto. 2013. Pemahaman Individu Teknik Non tes. Kudus: Nora Media Enterprise.

Saputra, Beni. 2013. Studi Kasus Penanganan Siswa yang Introvert dengan menggunakan Client Centered SMK Negeri 1 Kudus Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi tidak diterbitkan. Kudus: Universitas Muria Kudus.

Sudrajat, Akhmad. 2008. Pendekatan Konseling Behavioral, [online], (https://akhmadsudrajat.wordpress.com/2008/01/23/pendekatan-konseling-behavioral/), diakses tanggal 27 November 2018)

Sugiarto, Eko. 2015. Menyusun Proposal Penelitian Kualitatif Skripsi dan Tesis. Yogyakarta: Suaka Media.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukardi, Dewa Ketut dan Kusumawati, Desak. 2008. Proses Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Surya, Mohamad. 2003. Psikologi Konseling. Jakarta: Pustaka Bani Quraisy.

Suryabrata, Sumadi. 1982. Psikologi Kepribadian. Jakarta: CV. Rajawali

Sutopo,HB. 2006. Metode Penelitian Kualitatif. Surakarta: UNS Press.

Walgito, Bimo. 2005. Bimbingan dan Konseling (Studi Karir). Yogyakarta: Andi

Yusuf, Syamsu dan Nurihsan, Ahmad Juntika. 2008. Teori Kepribadian. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Zamroni, E. (2016). Counseling Model Based on Gusjigang Culture: Conceptual Framework of Counseling Model Based on Local Wisdoms in Kudus. GUIDENA: Jurnal Ilmu Pendidikan, Psikologi, Bimbingan dan Konseling, 6(2), 116-125.

Zamroni, E. (2016). Self Resilience Pada Konselor: Konstruksi Konselor Tahan Uji Sebagai Pribadi Efektif Dalam Melayani Konseli. G-COUNS Jurnal Bimbingan dan Konseling, 1(1).

Zamroni, E. (2016). Urgensi career decision making skills dalam penentuan arah peminatan peserta didik. Jurnal Konseling Gusjigang, 2(2).

Zamroni, E., Sugiharto, D. Y. P., & Tadjri, I. (2014). Pengembangan Multimedia Interaktif Bimbingan Karir Untuk Meningkatkan Keterampilan Membuat keputusan Karir Pada program Peminatan Siswa SMP. Jurnal Bimbingan Konseling, 3(2).




DOI: https://doi.org/10.24176/jpp.v2i2.4506

Article Metrics

Abstract views : 1680| 141-150 views : 8828

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




real
time web analytics Jurnal Prakarsa Paedagogia Status

Negara Asal Pengunjung:

Flag Counter

Jurnal Prakarsa Paedagogia dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 International License.

Dedicated to: